Senin 21 Aug 2017 13:30 WIB

Pascaoperasi, Novel Kembali Melakukan Pengecekan Mata

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (kiri) bersama istri Rina Emilda (kanan) dan anak bungsunya saat ditemui di Singapura, Selasa (15/8).
Foto: Antara/Monalisa
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (kiri) bersama istri Rina Emilda (kanan) dan anak bungsunya saat ditemui di Singapura, Selasa (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan, pagi tadi tim dokter di Singapura melakukan pengecekan kedua mata penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

"Dari pengecekan itu, jaringan otot pada mata kiri setelah operasi terlihat mulai tumbuh. Mata kiri telah mampu mendeteksi arah datang cahaya dan mampu mengidentifikasi warna cahaya merah dan hijau," ungkap Febri, Senin (21/8).

Berdasarkan pemeriksaan scan retina siang ini, sambung Febri, diketahui kondisi pasca-operasi mata kiri baik, cutting dan sambungan operasi tidam ada tanda-tanda yang tidak sesuai. Selain itu, dilakukan juga pemotretan kedua mata dan hasil potret akan dianalisa kemudian.

Sementara itu untuk mata kanan Novel, dari uji melihat huruf dan angka, dengan mata kanan saja terbaca hingga baris ke-15 dan dengan pinhole hingga baris ke-12.

"Mohon doanya agar pemulihan terus terjadi dan Novel kembali bergabung bersama dalam kerja pemberantasan korupsi. Selain itu, kita berharap pelaku penyerangan dapat ditemukan," ucap Febri

Novel menjalani operasi di salah satu RS di Singapura pada Kamis (17/8) lalu. Operasi itu melepas gigi taring sebelah kanan Novel dan memotong sebagian gusinya sebagai tempat untuk menumbuhkan bagian mata artifisial.

Novel Baswedan disiram air keras oleh dua orang pengendara motor di dekat rumahnya pada 11 April 2017 seusai sholat subuh di Masjid Al-Ihsan dekat rumahnya. Mata Novel pun mengalami kerusakan sehingga ia harus menjalani perawatan di Singapura sejak 12 April 2017.

Pasca operasi, dokter akan menutup mata Novel selama sekitar dua bulan untuk selanjutnya menjalani operasi lanjutan. Setelah itu masih butuh sekitar tiga minggu lagi untuk masa pemulihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement