Ahad 20 Aug 2017 10:58 WIB

Anggota DPR: Bendera Terbalik adalah Kesalahan Fatal

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nur Aini
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.
Foto: Akun Instagram Imam Nahrawi
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Komisi I DPR yang membidangi urusan luar negeri Abdul Kharis Almasyhari menuntut permintaan maaf serta penarikan buku panduan maupun souvenir SEA Games 2017 di Malaysia. Hal ini menyusul insiden terbaliknya cetakan gambar bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017 oleh pihak penyelenggara Malaysia.

Abdul menyebut insiden tersebut sebagai kesalahan serius yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. "Harus diikuti dengan permintaan maaf dari penanggung jawab SEA Games dan penarikan semua buku, souvenir, atau apapun dan diganti dengan yang benar," ujar Abdul Kharis kepada wartawan melalui pesan singkat pada Ahad (20/8).

Ia kembali mempertanyakan sistem pengecekan pencetakan buku tersebut sehingga kesalahan fatal tersebut bisa lolos sampai dibagikan kepada tamu undangan. Selain itu, Anggota DPR dari Fraksi PKS juga menyesalkan petugas atau panitia dari Indonesia yang bertanggungjawab terkait persoalan tersebut. Mestinya juga dilakukan pengecekan yang teliti berkaitan hal tersebut.  "Saya juga sangat menyesalkan pada petugas atau panitia dari Indonesia yang bertanggung jawab pada masalah ini. Harusnya dilakukan pengecekan yang teliti," ujarnya.

Sementara Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana meminta pihak Kontingen Indonesia membuat nota protes terhadap pihak Malaysia. Sebab, insiden terbaliknya gambar bendera Indonesia adalah kesalahan fatal. "Kan kebangetan kalau Malaysia sampai lupa bendera Indonesia. Masa dengan negara tetangga satu ASEAN bisa lupa, berapa sih peserta SEA GAMES. Kan tidak banyak, masa panitia bisa keliru. Memangnya Polandia ikut di SEA Games sehingga tertukar," ujar Dadang.

Menurutnya, Malaysia memang kerap membuat persoalan hubungan diplomasi kedua negara. Kendati pihak Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia telah meminta maaf sekalipun, Dadang menilai tetap harus dilakukan nota protes terlebih dahulu. "Ya kita harus buat dulu nota protes. Masa mereka tidak periksa sebelum naik cetak atau anggap remeh kita? " ujarnya.

Bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017. Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Sementara, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement