Rabu 16 Aug 2017 09:35 WIB

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Bugis, JK Pakai Beskap

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla berfoto sebelum sidang tahunan di gedung DPR/MPR, Rabu (16/8)
Foto: Republika
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla berfoto sebelum sidang tahunan di gedung DPR/MPR, Rabu (16/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penampilan tak biasa diperlihatkan pasangan pemimpin Indonesia Joko Widodo (Jokowi)- Jusuf Kalla (JK) saat menghadiri sidang tahunan di gedung DPR/MPR, Rabu (16/8). Kedua mengunakan pakaian adat bukan dari asal kelahiran masing-masing.

Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan pria asli Solo biasanya erat dengan pakaian adat jawa beserta blankon untuk menutupi kepala. Namun kali ini, Jokowi justru terlihat mengenakan pakaian adat bugis, baju bella dada, yang merupakan pakaian adat tanah kelahiran Jusuf Kalla (JK). Pasappu atau penutup kepala berwarna emas dan lia gasuruk (sarung) dengan motif berwarna merah putih menghiasai baju adat Bugis yang dipakai Jokowi.

Pakaian adat bugis tersebut juga ‎terlihat pada pakaian yang dikenakan Iriana Widodo. Iriana tampak mengenakan ‎kebaya warna merah dengan hiasan khas bali di atas kepala.

Sementara JK yang merupakan keturunan suku bugis justru mengenakan pakaian adat jawa dengan jas hitam atau beskap dan kemeja putih di dalamnya. Dia juga mengenakan sarung berwarna coklat melengkapi pakaian tersebut. Ibu Mufidah Kalla tampak anggun mengenakan kebaya berwarna biru serta selandang batik hitam-coklat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement