Jumat 11 Aug 2017 17:45 WIB

Sikap Demokrat di Pilgub Jabar? Ini Jawaban Dede Yusuf

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf.
Foto: dpr
Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Partai Demokrat masih belum memutuskan akan berkoalisi dengan partai mana dalam menghadapi pemilihan gubernur Jawa Barat 2018 mendatang. Saat ini, partai yang diketuai oleh mantan presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini masih menunggu gerakan dari masing-masing partai yang berkoalisi.

Sebelumnya, diketahui PDIP dan Partai Golkar berkoalisi mengusung Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur Jawa Barat di pilgub. Sementara itu menyusul Partai Nasdem, Hanura, PPP dan PKB yang berkoalisi untuk memenangkan pilgub Jawa Barat mendatang.

Politikus Partai Demokrat, Dede Yusuf menanggapi koalisi yang dilakukan oleh partai-partai tersebut. Katanya, presidential threeshold sebesar 20 persen (partai) sudah jelas menjadi dua kubu yaitu pemerintah dan oposisi.

"Yang tadi disebutkan, itu sudah jelas kubu pemerintah. Tinggal kubu oposisi siapa saja. Kami masih menunggu karena gerakan kubu oposisi seperti apa, ujung-ujungnya kontestasi ini adalah Pilpres," kata Dede Yusuf di Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (11/8).

Menurutnya, pemilihan kepala daerah yang ada semua berkepentingan yang mengarah kepada calon presiden. Seperti di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah yang memiliki banyak pemilih. Sehingga pemilihan kepala daerah adalah perebutan Pilpres.

Dede menambahkan, baik dari koalisi pemerintah atau pun oposisi memiliki strategi tersendiri untuk memenangkan pilgub Jabar. Terkait kemungkinan Partai Demokrat berkoalisi dengan Partai Gerindra dan PKS, dirinya menyebut hal itu sangat dimungkinkan.

Ia menambahkan, seputar dirinya apakah akan maju di pilgub Jawa Barat atau tidak. Politikus yang pernah berkecimpung di dunia film ini mengatakan akan menentukan sikap pada September mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement