Rabu 09 Aug 2017 13:44 WIB

Jokowi Berniat Hibahkan Koleksi Kerisnya ke Museum

Rep: Andrian Saputra/ Red: Qommarria Rostanti
Museum Keris di Solo
Foto: ANTARA
Museum Keris di Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo mengaku kerepotan mengurus koleksi-koleksi keris pribadinya. Jokowi berniat menghibahkan berbagai jenis keris yang dikoleksinya itu ke Museum Keris Nusantara yang baru diresmikan di Solo hari ini.

Jokowi mengatakan salah satu koleksi yang akan hibahkan ke Museum merupakan keris hadiah dari Perdana Menteri Belanda. “Nanti biar keris-keris yang saya punya, disimpan saja di museum, dihibahkan saja sudah termasuk yang pemberian Perdana Menteri Belanda itu. Saya nggak mampu merawatnya sendiri,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara peresmian Museum Keris Nusantara, Solo, Rabu (9/8).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyempatkan diri untuk berkeliling melihat koleksi-koleksi yang berada di museum. Terdapat sekitar 409 koleksi keris berbagai jenis dan ukuran serta 38 tombak dan benda-benda pusaka bersejarah lainnya.

Museum Keris dibangun bertahap sejak 2013 di mana pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp 7,9 miliar. Sedangkan pada tahap 2 dan 3, pemerintah mengucurkan anggaran sebesar Rp 5 miliar dan Rp 8,2 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan fisik dan perbaikan bangunan cagar budaya bekas Rumah Sakit Jiwa Mangun Jayan di komplek museum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement