Jumat 04 Aug 2017 10:50 WIB

Siapa Victor Laiskodat yang Sebut Gerindra, PAN, PKS, Demokrat Pro Ekstremis?

Victor Laiskodat
Foto: Fraksinasdem.org
Victor Laiskodat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem)  Victor Bungtilu Laiskodat mendapat kecaman banyak pihak. Ini setelah pidatonya di NTT dianggap melecehkan sejumlah partai tertentu.

Dalam potongan video yang beredar, Jumat (4/8), politikus Nasdem itu diketahui menyebut Partai Gerindra sebagai salah satu partai yang mendukung kelompok ektremis Islam di Indonesia.  Selain Gerindra, Victor juga menyebut sejumlah partai lainnya seperti Demokrat, PKS, dan PAN.

"Kami menuntut Victor secara resmi dan terbuka meminta maaf ke Gerindra. Pernyataannya dalam acara di NTT itu justru membuktikan bahwa Victor anti Pancasila dan anti kebhinekaan sesungguhnya," kata Wasekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade, saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (4/8).

Lantas siapakah Victor Laiskodat?

Dalam laman Partai Nasdem, partainasdem.id,  Victor merupakan pria kelahiran Oenesu, Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 17 Februari 1965. Viktor  besar dan mengenyam pendidikan hingga sekolah atas di tanah kelahirannya.   Suami Julie Sutrisno melanjutkan kuliah di Jakarta di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia.

Selepas pendidikan formal, selain menjadi wiraswastawan, ayah tiga orang anak ini juga menjadi konsultan hukum dan pengacara di kantor hukum Viktor B. Laiskodat Law Firm.

Pada 2004 – 2009, ia menjabat sebagai legislator dari Partai Golkar. Setelah itu bergabung bersama para inisiator Ormas Nasional Demokrat yang membangun Partai NasDem dengan mengusung Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia.

Saat ini  Viktor  menjadi  anggota DPR-RI periode 2014-2019 dan sekaligus sebagai ketua Fraksi Partai NasDem.  

Ia lolos ke Senayan setelah mengumpulkan 77.555 suara dari dapil NTT II yang meliputi 10 kabupaten:  Belu, Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur,  Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Kupang. Sebagai panglima partai, Viktor dipercaya duduk di Komisi I yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika.

 

Pendidikan:

    1973-1979, SD Semau, Kupang

    1979-1982, SMP Negeri 1, Kupang

    1982-1985,  SMA PGRI, Kupang

    1995-2000, S1, Sekolah Tinggi Hukum Indonesia, Jakarta

Riwayat Pekerjaan:

    Konsultan hukum

    Pengacara di kantor Hukum Victor B. Laiskodat Law Firm

    Direktur PT Elok Kurnia Sejati

    Anggota DPR RI dari Partai Golkar  2004-2009

    Anggota DPR RI dari Partai NasDem 2014-2019

    Ketua Bidang Pertanian dan Maritim DPP Partai Nasdem (2013-2018)

    Badan Pemenangan Pilpres Jokowi-JK (2014)(*

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement