Ahad 30 Jul 2017 10:43 WIB

Aher: Bandung West Java Marathon Jadi Gerbang Promosi Wisata

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (ketiga kiri) bersama pihak terkait lainnya berfoto bersama disela-sela konferensi Pers
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (ketiga kiri) bersama pihak terkait lainnya berfoto bersama disela-sela konferensi Pers "Bandung West Java Marathon" oleh Pocari Sweat, di Aula Barat, Kota Bandung, Jumat (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka gelaran Bandung West Java Marathon pukul 05.15 WIB dini hari. 6.500 pelari dalam dan luar negeri berpartisipasi dalam event olaharaga yang masing-masing terdiri dari kategorifull marathon (42 kilometer), half marathon (21 kilometer), 10 K (kilometer), 5 K (kilometer) dan kid dash (untuk anak-anak).

Dengan lokasi start dan finish di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate, para peserta berlari keliling Kota Bandung melewati jalan-jalan ikonik Kota Bandung seperti diantaranya jalan Layang Pasupati, Jembatan Pelangi, Gedung Merdeka, alun-alun Kota Bandung, dan jalan Braga.

"Ini kegiatan yang baik, kita beri nama 'Bandung West Java Marathon'. Ini event skala besar diikuti peserta dari berbagai kota, provinsi, bahkan luar negeri, kita harapkan ini bisa jadi event tahunan," kata Gubernur di Gedung Sate Bandung, Ahad (30/7) pagi.

Aher berencana kedepan, kegiatan serupa tak hanya digelar di Bandung saja, karena event ini bertajuk 'West Java', maka bisa dilaksanakan di berbagai kota lainnya di Jawa Barat. Event seperti ini dinilainya sebagai bagian membuka promosi pariwisata di Jawa Barat.

Gubernur juga menuturkan pemilihan rute ini tersebut merupakan hasil pertimbangan dalam mewujudkan 'sport tourism.' Pelari yang terdaftar pun lebih dari 75 persennya berasal dari luar Kota Bandung. Bahkan, terdapat peserta dari negara tetangga seperti diantaranya Singapura, Malaysia, Tiongkok, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

"Ini sudah promosi pariwisata, sudah sangat banyak peserta dari berbagai kota, dengan rute yang ditempuh, peserta sudah diajak keliling kota dikenalkan pada ikon-ikon khas disini," ujarnya.

Ia pun berharap kegiatan semacam ini bisa dilakukan di wilayah Jawa Barat lainnya yang memiliki potensi pariwisata. Tidak hanya di kota besar sehingga kekayaan Jawa Barat bisa semakin dieksplor.

Selain itu, kekhasan Jawa Barat lainnya juga ditampilkan, melalui sajian stand-stand kuliner, dan tampilan kesenian tradisional Jawa Barat.

Hingga mencapai garis finish, para juara di tiap kategori berhak menerima hadiah, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Pemprov Jabar pun rencananya akan menggelar event serupa bertajuk West Java Marathon yang rencananya akan digelar tanggal 15 Oktober 2017 di wilayah perkebunan Teh Bandung Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement