Sabtu 23 Dec 2017 14:49 WIB

Jabar Kenalkan Tiga Varietas Kopi Lokal Baru

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memperkenalkan tiga varietas kopi lokal baru yang dikembangkan oleh peneliti dari Dinas Perkebunan Jawa Barat pada acara West Java Bandung Lautan Kopi. Ketiga varietas kopi lokal tersebut adalah Kopi Kuning, Kopi Pucuk Coklat, dan Kopi Pucuk Hijau.

"Dengan varietas yang baru dan unggulan ini diharapkan semakin memperkaya jenis kopi yang tumbuh di Jawa Barat," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) di Halaman Gedung Sate Bandung, Sabtu (23/12).

Menurut Aher, saat ini ketiga varietas kopi lokal tersebut belum didistribusikan ke pasar. "Belum masuk pasar, belum dikembangkan di lapangan, rencananya kami akan lepas ke pasaran pada April 2018," ujarnya.

Aher mengatakan ketiga varietas kopi lokal baru tersebut memiliki sejumlah keunggulan seperti lebih cepat berbuah. Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Arief Santosa menambahkan dalam mempertahankan Kopi Jawa Barat Kualitas Dunia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah dan akan mendistribusikan bantuan benih kopi uggul bermutu dan bersertifikat kepada para petani hingga 10 juta benih sejak 2014 sampai 2017.

Ia mengatakan sasaran pada 2017 untuk penambahan luas kebun kopi arabika dengan penggunaan benih kopi sebanyak 5 juta pohon setara 2.000 hektare dengan jarak tanam 2 meter x 2 meter.

"Lalu meningkatkan penggunaan benih kopi arabika yang unggul bermutu dan bersertifikat di pekebun sebanyak 2,4 persen dan meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil kopi arabika di Jawa Barat rata rata produksi kopi arabika Varietas Sigararutang 1.500 kg/hektare," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement