Jumat 14 Jul 2017 15:08 WIB

Dari Bali TGB Pesan Jaga Persatuan dan Jangan Percaya Hoaks

Rep: MUHAMMAD NURSYAMSYI/ Red: Indira Rezkisari
Tabliq akbar dan halal bihalal Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGB DR KH Muhammad Zainul Majdi MA dengan tema 'Merajut Ukhuwah Raih Kemenangan' diawali sholat Isya berjamaah di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Kamis (13/7).
Foto: Republika/Mutia Ramadhani
Tabliq akbar dan halal bihalal Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGB DR KH Muhammad Zainul Majdi MA dengan tema 'Merajut Ukhuwah Raih Kemenangan' diawali sholat Isya berjamaah di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Kamis (13/7).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi mengajak umat Islam di Bali untuk terus menjaga persatuan bangsa dan merawat semangat kebinekaan.

"Sebab persatuan merupakan warisan dari para ulama yang menjadi pondasi utama dalam membangun dan memperkokoh tegaknya suatu negara," ujar TGB saat Tabligh Akbar yang dirangkai peluncuran Bansos Online Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Berbagi di Masjid Agung Sudirman, Jalan Selamat Riyadi Denpasar, Provinsi Bali, Kamis (13/7) malam.

TGB menegaskan, dalam Islam menjaga persatuan adalah perintah Allah SWT yang tertuang dalam Alquran sebagai pedoman hidup umat Muslim. TGB menyampaikan menjaga persatuan adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam.

TGB meminta agar umat Islam, khususnya di Bali, tidak mudah percaya dengan berita berita yang banyak bertebaran di media sosial yang bertendensi fitnah dan hoaks. "Umat Islam tidak boleh ikut menjadi bagian dalam menyebarkan berita berita seperti itu," ucap TGB.

Menurut TGB, kalau ada umat Islam yang ikut menyebarkan berita hoaks, maka telah berbuat dosa karena telah melanggar perintah Allah SWT dan ajaran Rasulullah SAW.  TGB juga mengapresiasi gagasan kreatif dari IPHI Bali dengan menggalang pengumpulan dana bantuan sosial secara daring untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang menghadapi berbagai kesulitan sosial di Bali.

Untuk diketahui bahwa program Bansos Online IPHI Berbagi, merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan yang digagas oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Denpasar, untuk mengumpulkan bantuan dari seluruh elemen masyarakat yang ada, khususnya saudara-saudara Muslim di seluruh Indonesia.

TGB berharap, program keperdulian sosial itu akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya. "Mari kita manfaatkan sarana ini sebagai ladang untuk menanam kebaikan melalui bantuan kita untuk sesama," lanjut TGB.

Ia juga berharap umat Islam di manapun berada, harus selalu tampil menjadi rahmatan lilalamin. Yakni menjadi penyejuk dan pemberi manfaat bagi sesesama manusia bukan hanya kepada sesama umat Muslim saja.

"Mari kita jaga persatuan dan persaudaraan di Negara kita tercinta ini. Kita hormati dan jaga dengan sebaik-baiknya jasa para pendahulu yang telah bersusah payah memintal persaudaraan sehingga lahirlah bangsa Indonesia yang besar dan indah ini," ungkap TGB.

Ketua bidang bantuan IPHI Denpasar, H. Soetjipto menjelaskan Program Bansos Online ini, telah banyak membantu masyarakat muslim yang tidak mampu, baik dari Kota Denpasar, Bima dan Lombok. Misalnya untuk membantu mereka yang tidak mampu mambayar biaya pengobatan di rumah sakit dan lain sebagainya.

“Pokoknya kalau ada keluarga membutuhkan bantuan, hubungi kami Insyaallah akan kita bantu," kata Soetjipto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement