Sabtu 08 Jul 2017 16:58 WIB

Kunjungi Sumbawa Barat, TGB Tekankan Pentingnya Bersyukur

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bayu Hermawan
Tuan Guru Bajang bersama warganya.
Foto: dok Nahdlatul Wathan
Tuan Guru Bajang bersama warganya.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi mengajak jamaah senantiasa bersyukur dan membuka setiap aktivitas dengan kebaikan.

Pria yang dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan, bersyukur adalah salah satu perbuatan baik di mata Allah SWT dan sholat shubuh berjamaah adalah bentuk kesyukuran dan suatu kebaikan.

"Sebaik-baik pembuka hari adalah bersyukur kepada sang khalik, sang maha pencipta," ujar TGB saat menyampaikan tausiyah usai shalat shubuh di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, Sabtu (8/7).

TGB melanjutkan sesuatu akan baik apabila dibuka dengan hal yang baik dan Insya Allah akan berakhir juga dengan kebaikan. Oleh karena itu, TGB mengajak untuk mengawali apapun dengan baik, karena setiap hari yang dijalani adalah hari yang baru.

"Hari sabtu yang lalu walaupun sama namanya dengan sabtu hari ini,tapi sesungguhnya hari ini adalah hari yang baru," kata TGB.

Doktor lulusan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir tersebut mengingatkan kepada para jamaah apabila ingin mendapatkan sesuatu yang baik maka yang dilakukan adalah memperbanyak nilai pengamalannya dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya adalah muamalah.

"Muamalah yang terbaik adalah ikhlas dan ridho kepada sesama manusia," ucap TGB.

TGB mengingatkan jamaah dalam kehidupan nyata, sesungguhnya banyak kekuatan yang ada di luar kuasa manusia. Untuk itu, TGB mengingatkan agar tidak ada yang perlu disombongkan dalam kehidupan ini.

"Karena segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini berjalan di atas kekuasaan Allah," ungkap TGB.

TGB mencontohkan sejumlah sahabat Rasulullah  yang tidak pernah mengumbar kejelekan orang lain. Justru para sahabat sibuk dengan mencari kelemahan dan kekuarangan diri sendiri untuk senantiasa diperbaiki dan diperbaharui.

Mengakhiri tausyiah tersebut, TGB mengajak jamaah untuk senantiasa meminta pertolongan Allah, guna menguatkan rasa saling mencintai sesama manusia tanpa membedakan latar belakang suku, agama, sosial, ekonomi dan warna kulit.

"Rajutlah kebersamaan untuk menggapai ridho Allah SWT," ucap TGB.

Kunjungan di Kabupaten Sumbawa ini merupakan hari kedua kegiatan roadshow di Pulau Sumbawa, setelah sehari sebelumnya, TGB melaksanakan serangkaian kegiatan untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan Pemda dan Masyarakat KSB.

Di kabupaten Sumbawa sendiri, TGB didampingi istri, Erica Zainul Majdi selaku Ketua TP PKK NTB yabg juga mengadakan Silaturahmi dengan kader PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh pejabat pemerintah Kabupaten Sumbawa di Pendopo Bupati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement