Ahad 25 Jun 2017 18:48 WIB

Lebaran, Kunjungan Warga ke Lapas Purwakarta Membeludak

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ratna Puspita
Keluarga pengunjung Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Keluarga pengunjung Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Tingkat kunjungan masyarakat ke Lapas Kelas II B Kabupaten Purwakarta, pada hari lebaran 2017 ini mengalami kenaikan yang signifikan. Masyarakat yang menjenguk sanak keluarganya mencapai ratusan orang. Pihak Lapas pun memerpanjang waktu kunjungan khusus lebaran ini.

Kepala Lapas Kelas II B Purwakarta Warsianto, mengatakan, khusus pada hari lebaran ini masyarakat bisa berkunjung dengan waktu yang cukup lama. Bahkan, ada dua waktu kunjungan. Yaitu, shift pagi mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB dan shift sore mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

"Setiap shift-nya, lama berkunjung mencapai tiga jam. Padahal, kalau hari biasa hanya 2,5 jam," ujar Warsianto kepada Republika, Ahad (25/6).

Menurut Warsianto, jam besuk warga binaan ini biasanya berlaku dari Senin sampai Kamis setiap pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Pada siang hari, jam besuk mulai pukul 13.00 WIB sampai 15.30 WIB.

Waktu besuk itu berlaku pada Senin sampai Kamis. Untuk Sabtu hanya pagi hari sedangkan Jumat dan Ahad tidak ada jam kunjungan. "Setiap lebaran, masyarakat yang berkunjung selalu membeludak," ujar Warsito.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Lapas melakukan pemeriksaan terhadap warga dengan sangat selektif. Juga, banyak larangan bagi warga untuk bisa menjenguk sanak keluarganya.

Larangan itu, dia menyebutkan, d antaranya tak boleh membawa alat komunikasi serta obat-obatan. Untuk uang, pihak lapas membatasi jumlah yang boleh dibawa. "Maksimal hanya Rp 20 ribu per orang," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement