Ahad 25 Jun 2017 16:24 WIB

Berebut Sedekah Usai Shalat Ied

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ratna Puspita
Umat Islam melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1438 H di Keraton Kasunanan, Solo, Jawa Tengah, Ahad (25/6).
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Umat Islam melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1438 H di Keraton Kasunanan, Solo, Jawa Tengah, Ahad (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Sejumlah pengemis berebut sedekah dari jamaah selepas melaksanakan Shalat Ied di Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Ahad (25/6) pagi. Para pengemis yang sedari pagi telah berbaris di gerbang depan Masjid Agung Keraton langsung menyerbu jamaah yang berniat memberikan sedekahnya.

Bahkan beberapa pengemis yang tak kebagian, terus mengikuti jamaah hingga parkiran kendaraan. Waginem (50 tahun) salah satu pengemis, mengaku telah berada di Masjid Agung Keraton sejak Subuh.

Waginem berharap pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1348 H banyak jamaah yang memberikan sedekah padanya. Meskipun dia harus berebut pemberian dari jamaah dengan pengemis lainnya, bahkan yang usianya lebih muda.

Ngasihnya seribu, dua ribu tapi banyak. Uangnya buat makan,” tututr Waginem saat ditemui Republika.

Setelah mendapatkan sedekah dari jamaah, Waginem pun langsung memasukan uang pemberian itu ke plastik hitam yang telah disiapkanya.

Pengurus Bidang Dakwah Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Khoirul Umam mengatakan keberadaan pengemis di lingkungan Masjid Agung Keraton menjadi cambuk tersendiri bagi pengurus Dewan Kemakmuran Masjid untuk terus berupaya melepaskan jerat kemiskinan terhadap masyarakat di sekitar Masjid Agung Keraton.

"Kami sudah mengantisipasi (adanya pengemis), tetapi ini juga menjadi PR bagi kita bagaimana mengoptimalkan zakat agar kaum fukoro dan masakin ini berkurang dan bisa menjadi muzakki tahun depan,” ujar dia.

Umam mengatakan diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mengentaskan masalah tersebut. Sementara itu pelaksanaan shalat ied di Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berlangsung khidmat.

Dari pantauan Republika, ribuan jamaah rapi memenuhi shaf bagian dalam hingga halaman Masjid Agung Keraton sejak pukul 05.30 WIB. Pelaksanaan Shalat Ied di Masjid Agung Keraton berlangsung pukul 06.15 WIB dengan Imam Sholat dipimpin langsung Imam besar Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta, KH Muhammad Muchtarom dan Khotib KH Ulumul Faqih.

Sekitar 15000 Muslim melaksanakan sholat ied di masjid Agung Keraton Solo. Usai pelaksanaan Ied, jamaah saling bermusafahah atau bersalam-salaman. Beberapa jamaah pun terlihat mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement