Rabu 21 Jun 2017 20:43 WIB

PDIP Optimistis Kekalahan di DKI tak Berimbas ke Daerah Lain

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto optimistis Pilkada DKI Jakarta tidak akan berimbas negatif terhadap kemenangan partainya di Pilkada Serentak mendatang. PDI Perjuangan diyakininya akan tetap memperoleh banyak kemenangan.

"Kami tetap optimistis (tidak akan terimbas kekalahan di Pilkada DKI Jakarta, Red). Terbukti hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga menunjukkan kami tetap di posisi teratas," kata Hasto kepada Republika.co.id, Rabu (21/6).

Hal ini disampaikan Hasto menjawab pertanyaan kemungkinan hasil buruk PDI Perjuangan di Pilkada DKI akan berimbas ke daerah lain. "Pilkada DKI tidak punya implikasi di daerah lain," tegas Hasto. Setiap daerah, lanjut dia, memiliki karakteristik tersendiri.

Terkait dengan Pilkada DKI, Hasto menjelaskan pilkada tidak semata-mata persoalan kalah atau menang, tetapi juga masalah keyakinan politik dan ideologi partai. PDI Perjuangan, kata Hasto, tidak semata-mata mengusung calon yang berpeluang menang. Tapi juga memperhatikan persoalan kebhinekaan dan calon yang tidak terlibat kasus korupsi.

"Di Gorontalo ada calon yang kuat tetapi diduga terlibat kasus korupsi, maka kami tidak mengusungnya. Begitu juga Banten ada calon yang kuat tapi terkait masalah satu keluarga yang menjadi terpidana korupsi, maka kami juga tidak mengusungnya," papar Hasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement