Rabu 07 Jun 2017 23:31 WIB

Tarik Ulur PAN Sampai Kirim Anak Amien Rais ke Angket KPK

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Politisi PAN Drajat Wibowo (kedua kiri) serta Putra Amien Rais, Hanafi Rais (belakang tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (5/6)
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Politisi PAN Drajat Wibowo (kedua kiri) serta Putra Amien Rais, Hanafi Rais (belakang tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Senin (5/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya mengirimkan perwakilan anggota ke Panitia Khusus (Pansus) Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Fraksi PAN mengirimkan nama Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais yang merupakan putra Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais. 

Nama Hanafi merupakan satu nama dari dua 'jatah' yang didapat fraksi PAN di Pansus Angket KPK. "Dari PAN itu yang disampakan oleh Pak taufik, itu Pak Hanafi Rais dan satunya lagi masih dirapatkan, ada dua orang," ujar Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu (7/6).

Bergabungnya PAN mengakhiri spekulasi kegamangan partai yang diketuai Zulkifli Hasan itu. Awalnya, PAN menolak hak angket dan enggan mengirimkan anggota perwakilan.

Dalam perkembangannya, sikap fraksi berubah setelah Pansus Angket mengabaikan partai-partai yang enggan mengirimkan wakilnya. Pansus Hak Angket KPK tetap berjalan tanpa seluruh fraksi. 

Keinginan PAN ikut serta dalam Pansus Angket KPK semakin kuat pascapenyebutan nama Amien Rais oleh Jaksa KPK dalam kasus dugaan korupsi dana alat kesehatan yang menjerat terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supardi.

Bersamaan dengan perubahan sikap PAN dalam pansus, Amien Rais mendatangi  Kompleks Parlemen Senayan pada Rabu (7/6) siang. Amien hadir menemui Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan.

Taufik menyebut pertemuan itu sebagai silaturahim antara fraksi PAN dan Amien yang merupakan ketua Dewan Kehormatan Partai. Namun, ia tidak membantah pertemuan itu juga membahas keikutsertaan Fraksi PAN dalam Pansus Angket KPK.

Taufik mengatakan pengiriman wakil ke Pansus Angket KPK merupakan sikap fraksi dan keputusan partai."Tujuannya semata-mata kita ingin kawal agar KPK bisa kmbali pada marwah yang sesungguhnya," ujar Taufik.

Pasca pertemuan tersebut, Taufik yang juga turut hadir dalam rapat perdana Pansus menjadi salah satu perwakilan fraksi PAN. Ketika membuka rapat itu, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pun menyatakan rapat telah memenuhi kuorum karena terdiri dari enam fraksi.

"Saat ini rapat telah dihadiri dan ditandatangani oleh enam fraksi yaitu, PDIP, Golkar, PAN diwakili pimpinan Pak taufik kurniawan dan Hanafi Rais yang sedang otw (on the way atau dalam perjalanan), PPP, Nasdem dan Hanura," kata dia. 

Hasilnya, pimpinan DPR memilih politikus Golkar Agun Gunanjar sebagai ketua Pansus Angket KPK. Agun pernah menjabat sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI saat proyek pengadaan KTP-el berlangsung. 

Dalam surat dakwaan untuk tersangka Irman dan Sugiharto, nama Agun pun disebut ikut kecipratan uang korupsi KTP-el. Dia disebut menerima uang senilai 1 juta AS dolar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement