Jumat 02 Jun 2017 19:02 WIB

Panglima TNI: Pancasila Harus Ditanamkan dengan Doktrin

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Foto: dok.Istimewa
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berpendapat, Pancasila adalah Ideologi yang harus ditanamkan dengan cara doktrin. Doktrin tersebut me urutnya bisa disesuaikan  dengan strata pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP, dan seterusnya.

"Pancasila adalah Ideologi yang harus ditanamkan dengan cara doktrin yang disesuaikan  dengan strata pendidikan," kata Gatot dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (2/6).

Selain ditanamkan dengan cara doktrin, harus dipikirkan pula bagaimana Pancasila itu dapat diimplementasika  dalam kehidupan sehari-hari, di tengah-tengah masyarakat. Artinya, sila-sila Pancasila tersebut harus diajarkan dan dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia sejak usia dini.

"Seperti cara bertoleransi dalam beragama, berinteraksi dengan manusia, menunjukkan cara berbangsa, cara berdemokrasi dan cara mencapai keadilan bagi semua warga negara," jelas Gatot.

Gatot juga menyampaikan, hari lahir Pancasila harus selalu dikampanyekan kepada generasi penerus bangsa. Bahkan, menurutnya upacara memperingati Hari Lahir Pancasila benar-benar fundamental bagi Ideologi Negara Pancasila dan Bangsa Indonesia.

"Bagaimana dengan perasaan kita apabila generasi selanjutnya tidak tahu kapan lahirnya Pancasila," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement