Senin 29 May 2017 15:21 WIB

Bayi Kembar Empat Lahir di Magelang

Ilustrasi bayi.
Foto:
Ilustrasi bayi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Seorang ibu melahirkan bayi kembar empat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Gladiool, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sari Nuryani (25) di Magelang, Senin, mengatakan bahwa keempat anak kembarnya berjenis kelamin dua laki-laki dan dua perempuan lahir pada hari Sabtu (27/5) sekitar pukul 08.00 WIB melalui operasi caesar.

Warga kampung Tidar Dudan RT 03/RW 12 Kelurahan Tidar Utara, Kota Magelang, itu menuturkan bahwa dirinya mengetahui bakal mempunyai anak kembar empat saat usia kandungan 3 bulan waktu periksa di RS Gladiool. "Saat kandungan berumur 2 bulan diketahui hanya kembar dua. Namun, setelah periksa kandungan umur 3 bulan, ternyata ada empat janin di dalam kandungan," kata istri Suprihatin (30) itu.

Menurut dia, dari pihak keluarganya memang ada garis keturunan kembar, yakni pamannya kembar dua.

Sebelum lahir, kata dia, banyak orang tidak percaya kalau dirinya mengandung empat bayi.

Ia menyampaikan bayi kembar empat itu merupakan anak pertamanya setelah menikah pada tahun 2015.

Selama mengandung, kata Sari, tidak ada kendala yang berarti. Namun, saat usia kandungan sudah tua, dirinya sulit tidur.

Keempat anaknya diberi nama Rasya Atinsa Ramadan, Nikaila Atinsa Ramadani, Arsyila Atinsa Ramadani, dan Rafka Atinsa Ramadan. "Dengan dianugerahi empat momongan ini, kami kaget, namun juga senang. Kami belum memutuskan untuk ikut program KB atau tidak," katanya.

Bidan Rumah Sakit Ibu dan Anak Gladiool Endriana Ika (28) menyebutkan keempat bayi kembar lahir dalam kondisi sehat, yakni masing-masing dengan bobot 1,2 kilogram, 1,85 kilogram, 2,1 kilogram, dan 2 kilogram.

"Keempat bayi kembar tersebut masih dalam perawatan di inkubator, semuanya sehat. Namun, bayi ketiga butuh bantuan napas karena keluarnya agak lama," katanya.

Ia menuturkan bahwa baru pertama kali bayi kembar empat lahir di RS Gladiool. Kalau kembar dua atau tiga, sudah beberapa kali. Kelahiran bayi kembar empat ini ditangani dua dokter spesialis kebidanan dan kandungan, yakni Doddy Susanto dan Yunita Erlina, serta dua dokter spesialis anak, yakni Soelistiyono dan Chrisna Hendarwati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement