Senin 21 Nov 2016 00:36 WIB

Empat Bayi Tabung dan Ibunya di Surabaya dalam Kondisi Sehat

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Israr Itah
Petugas mengecek kondisi bayi kembar empat yang masih dalam perawatan intensif dokter di ruang NICU (Neonatal Invasive Care Unit) RS Siloam Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/11).
Foto: Antara/Irfan Anshori
Petugas mengecek kondisi bayi kembar empat yang masih dalam perawatan intensif dokter di ruang NICU (Neonatal Invasive Care Unit) RS Siloam Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat bayi yang lahir lewat program bayi tabung sepekan lalu di Surabaya dalam kondisi normal. Begitu pula ibu dari keempat bayi ini Monique Livia. Monique menjalani operasi caesar pada Jumat (11/11) lalu di RS Siloam, Surabaya

"Keadaan keempat bayi dalam kondisi sehat. Sang ibu yang melahirkan juga dalam kondisi sehat," kata ahli kebidanan dan kandungan RS Siloam dokter Hendro Pramono dalam siaran pers, Ahad (20/11).

Hendro yang membantu persalinan empat bayi pasangan Kristian Yofri dan Monique ini menuturkan, kelahiran ini sangat menarik. Sebab, Monique tak hanya memiliki dua anak dalam satu kelahiran namun empat sekaligus.

Keunikan ini, ujar dia, bermula dari program bayi tabung yang dijalani oleh pasangan ini. Setelah menjalani program bayi tabung, tiga benih berhasil ditanamkan dalam rahim Monique.

Dalam perjalanan kehamilan di bulan ketiga, kata Hendro, satu benih membelah menjadi dua sehingga terdapat empat janin dalam kandungan sang ibu. Setelah mengandung keempat janin, Monique dirawat di RS Siloam untuk menangani proses persalinan yang  berisiko tinggi.

Tim dokter yang terdiri dari Hendro Pramono, dokter Anak Agus Harianto, dan tim dokter anastesi dikerahkan dalam proses operasi persalinan sectio caesaria. Pada Jumat (11/11) lalu, bayi kembar empat ini berhasil lahir dengan selamat. 

Bayi pertama, ujar Hendro, berjenis kelamin perempuan, berat 1.440 gram dan diberi nama Marianne Grace  Phan. Bayi kedua juga berjenis kelamin perempuan, berat 1.600 gram, diberi nama Merivienne Grace Phan. Menyusul bayi ketiga berjenis kelamin laki-laki dengan berat 2.200 gram, diberi nama Kennard Xavier Phan. Terakhir, bayi keempat berjenis kelamin perempuan lahir dengan berat 1.100 gram, diberi nama Merilynne Grace Phan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement