Kamis 20 Apr 2017 04:32 WIB

Kemenangan Anies-Sandiaga

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengisi masa tenang Pilkada DKI putaran kedua dengan menemui relawannya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Ahad (16/4). Anies datang ke lokasi acara dengan mengendarai vespa bersama putra bungsunya, Ismail Hakim.
Foto:
Politikus senior, Amien Rais berbicara saat mengunjungi kantor Redaksi Republika di Jakarta, Selasa (15/11)

Alhamdulillah, Pilkada DKI 2017 telah memandulkan politik rupiah atau rupiatokrasi. Bagi-bagi uang berlebihan, bagi-bagi kursi roda, bagi-bagi sembako siang-malam, terbukti tidak mempan mengubah pikiran waras sebagian besar penduduk Jakarta. Pameo masyarakat mengatakan uang haram untuk membeli suara itu bagaikan uang jin dimakan gendoruwo. Dus, sia-sia.

Akhirnya mari kita bersama Anies-Sandiaga membuka lembaran baru kehidupan Ibu Kota yang lebih manusiawi; hindari arogansi kosong; sayangi rakyat kecil yang merupakan mayoritas penduduk Jakarta; jangan pernah mengumpat dengan kata-kata kotor; apalagi pada rakyat kecil. Merekalah, rakyat kecil itu, yang paling besar andilnya dalam kehidupan setiap bangsa dan negara. Bekerjalah terutama buat mereka. Bukan untuk konglomerat atau korporatokrat yang umumnya tega menyaksikan derita rakyat.

Tentu tidak lupa saya ucapkan mabruk, congratulations, selamat, pada Mas Prabowo yang terbukti tepat dan bijak menentukan paket Anies-Sandiaga. Yang membawa kemenangan bagi kita semua. Insya Allah mereka dapat memulai melakukan perubahan-perubahan segar di berbagai bidang kehidupan rakyat Jakarta.

Saya lantas ingat sebuah nyanyian kepanduan internasional yang juga dinyanyikan pandu Hizbul Wathan Surakarta, ketika saya masih muda. Sambil mengelilingi api unggun kami bersama menyanyikan bravo, bravo, bravo bravissimo bravo, bravo, very well done… dst. Kira-kira makna yang tersirat adalah kita harus terus berani dan terus berani, menghadapi tantangan di masa depan. Bravo, Mas Prabowo.

Namun, bagi setiap orang beriman, tidak ada yang melebihi indahnya ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yakni alhamdulillahi Rabbil 'alamien.

 

*Amien Rais, Mantan Ketua MPR

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement