Senin 17 Apr 2017 20:36 WIB

Wali Kota Makassar Pantau USBN

Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 23.155 pelajar Makassar mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) 2017 secara serantak hari ini, Senin (17/4). Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto memantau di SMP Athirah, Jalan Kajaolalido, Senin (17/4).

Danny, sapaan akrab wali kota didampingi Kepala Dinas Pendidikan Makassar Ismunandar, Kepala Dinas Sosial Mukhtar Tahir, dan Camat Ujung Pandang Andi Zulkifli Nanda. “Kami ingin memastikan USBN berjalan dengan lancar, tanpa kecurangan,” ungkap Danny dalam rilisnya, Senin (17/4).

Saat berada di SMP Athirah, peserta ujian tengah mengerjakan soal-soal ujian Pendidikan Agama Islam berbasis komputer. Setiap peserta ujian mengerjakan soal yang berbeda, sehingga peluang bertukar jawaban ataupun mendapatkan kunci jawaban sangat kecil. "Tingkat kejujurannya sangat tinggi," katanya.

USBN di SMP Athirah berlangsung lancar. Ruang ujian berada di lantai 6. Setiap ruangan ujian diawasi oleh guru. Peserta mengerjakan soal-soal ujian di layar komputer. Tenang, tak ada suara gaduh sama sekali. Semua berkonsentrasi pada pertanyaan yang tampil di layar komputer masing-masing peserta.

Sebagai gambaran di tahun ini ada 255 SMP dan MTS di Makassar menjalani USBN. Sebanyak 215 di antaranya sekolah negeri dan swasta, serta 40 MTS (Madrasah Tsanawiyah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement