Ahad 16 Apr 2017 15:43 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo: Jangan karena Pilkada DKI Terpecah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nur Aini
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajak semua elemen masyarakat menyukseskan pelaksanaan putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 19 April mendatang. Ia meyakini, semua pihak mempunyai komitmen yang sama untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkada DKI putaran II dengan demokrasi yang aman dan tertib.

"Jangan hanya karena pilkada hubungan kekerabatan masyarakat Indonesia di DKI khususnya terpecah, saya yakin pilkada DKI tahap kedua akan aman dan masyarakat pasti mengamankan suksesnya pilkada DKI," kata Tjahjo melalui pesan singkatnya kepada wartawan pada Ahad (16/4).

Ia kembali mengingatkan, tujuan utama Pilkada DKI Jakarta adalah demi masa depan Jakarta dan keberlangsungan masyarakat DKI Jakarta selama lima tahun ke depan. Hal itu khususnya untuk menjadikan DKI sebagai ibu kota negara yang modern, beriman, berbudaya, berbineka dan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat DKI.

Karena itulah, Tjahjo menilai sukses pilkada terjadi jika tingkat partisipasi masyarakat pemilih DKI bisa tercapai maksimal. Sedangkan penyelenggara Pemilu dan Pemerintah DKI Jakarta dinilainya sudah maksimal memfasilitasi masyarakat pemilih.

"Jadi mari ke TPS bersama-sama bangun kebersamaan masyarakat DKI khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya, memilih sesuai hati nurani masing-masing untuk Gubernur dan Wagub DKI yang amanah," kata Tjahjo.

Ia menilai wajar dinamika yang terjadi menjelang hari H pemungutan suara pilkada DKI mengingat Jakarta merupakan barometer politik nasional menjelang Pemilihan Presiden 2019. Menurutnya, yang terpenting aparat keamanan khususnya kepolisian didukung TNI dan elemen masyarakat juga akan mengamankan pilkada DKI Jakarta.

"Juga dengan partisipasi seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh politik yang juga turut mengamankan Pilkada," kata Tjahjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement