Sabtu 15 Apr 2017 23:23 WIB

Ahok Resmi Jabat Gubernur DKI Jakarta Lagi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serah terima jabatan dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono ke Basuki Tjahaja Purnama selaku Gubernur DKI Jakarta (Petahana) dilaksanakan di Balairung, Sabtu (15/4). Sertijab dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan jajaran SKPD DKI Jakarta.

Sertijab ini berdasarkan ketentuan pada Pasal 7 ayat (2) huruf a Peratuan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016, tentang cuti di luar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota. Sumarsono mengemban Plt Gubernur untuk kedua kali terhitung 6 Maret-15 April 2017.

Dalam periode 40 hari kalender itu, Sumarsono memastikan tiga misi tugas utamanya sebagai Plt Gubernur dan penanganan pesan Gubernur Petahana dapat berjalan dengan baik. Di antaranya, memastikan semua fungsi urusan pemerintahan DKI Jakarta berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain itu, memastikan berlangsungnya ketentraman dan ketertiban umum di DKI Jakarta, serta turut menyukseskan Pemilu DKI Jakarta putaran kedua. Adapun mengenai sembilan pesan Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama yang jadi perhatian Plt Gubernur Sumarsono selama bertugas, yaitu:

1. Mendorong pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di setiap RW pada semua Kota/Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta, sehingga diperlukan penyediaan/pembebasan lahan di setiap RW.

2. Mengembangkan Co-Working Space atau tempat kumpul kreatif seperti Jakarta Creative Hub.

3. Pembangunan destinasi wisata di kawasan TB Simatupang Jakarta Selatan melalui pengembangan area olahraga sebagaimana standar RPTRA Kalijodo yang dilengkapi dengan arena skateboard park dan BMX Internasional.

4. Melakukan pemantauan terhadap pengembangan situs cagar budaya Kawasan Makam Mbah Priok seluas 3,4 hektar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan standar internasional.

5. Penataan dan pengembangan Lapangan Banteng sebagai kawasan olahraga bagi anak muda, yang merupakan lapangan sepak bola dengan menggunakan rumput sintesis, sehingga dapat dimanfaatkan selama 24 jam sepanjang tahun.

6. Monitoring pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta di Jalan Daan Mogot dan rencana pengembangan Masjid Raya di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

7. Menjaga tingkat inflasi dan mengantisipasi biaya transportasi dengan membayar semua angkutan kota dan merekrut pengemudinya untuk mengangkut penumpang menuju halte TransJakarta.

8. Pelaksanaan Operasi Pasar oleh BUMD DKI Jakarta (PD Pasar Jaya dan PT Food Station Cipinang)

9. Pemantauan persiapan pembangunan infrastruktur untuk Asian Games 2018.

Dengan diserahkannya kembali tampuk jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat resmi kembali aktif bertugas memimpin DKI Jakarta terhitung Ahad (15/4). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement