Sabtu 01 Apr 2017 05:23 WIB

Habibie Festival Kembali Digelar Agustus 2017

Rep: Kabul Astuti/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah siswa SD mengamati miniatur pesawat yang dipamerkan dalam Habibie Festival di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (12/8).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Sejumlah siswa SD mengamati miniatur pesawat yang dipamerkan dalam Habibie Festival di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA -- Habibie Festival akan kembali dihelat untuk kedua kalinya pada Agustus 2017, di JI - EXPO Kemayoran Jakarta Pusat. Tahun ini, Habibie Festival akan diselenggarakan selama tujuh hari dengan tema “Technology and Innovation for People”.  "Lebih dari 100 perusahaan akan berpartisipasi dalam seminar, workshop, forum diskusi, kompetisi dan pameran yang dapat membuat masyarakat dapat merasakan pengalaman menggunakan dan bahkan menciptakan teknologi serta inovasi baru," demikian tertulis dalam siaran pers, yang diterima Republika.co.id, Jumat (31/3).

Habibie Festival 2017 bertujuan untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di samping itu, ajang ini juga menjadi festival ilmu pengetahuan dan teknologi terbesar di Indonesia yang menyatukan masyarakat melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

Memindahkan lokasi Habibie Festival dari Museum Nasional ke JI Expo Kemayoran, panitia berharap dapat lebih leluasa  menampilkan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi. Taman sains, pesawat terbang, kendaraan tempur, kapal laut, dan berbagai karya anak bangsa akan lebih banyak ditampilkan pada tahun ini.

Habibie Festival 2017 akan menghadirkan acara-acara yang sarat akan teknologi dan inovasi. Selain itu, sejumlah festival mini juga akan diselenggarkan, di antaranya adalah Aviation Festival, virtual reality, augmented reality, and mixed reality (VR/AR/MR) Festival, Indonesia Funding Festival, Young Makers Festival, Internet of Things and Robotics Festival, Mobile Video and Film Festival, dan STEAM Festival.

Pada Habibie Festival 2017, panitia juga akan meluncurkan layanan pendidikan mobile video baru yang disebut "Tanya Eyang Habibie". Layanan ini dibuat untuk siswa, orang tua murid, dan guru sebagai media untuk berinteraksi dan berdiskusi tentang iptek dengan cara yang menarik dan interaktif.

Akan ada juga rangkaian kegiatan, seperti Next Habibie Awards, Food Innovation Bazaar, Makerthon, Diaspora Engagement Forum, dan lain-lain.  Selain teknologi dan inovasi, Habibie Festival 2017 juga akan mengusung tema-tema yang lain, yaitu kewirausahawanan sosial, keberagaman gender, pemberdayaan area terpencil, inklusivitas pemuda dan rasa percaya, kekayaan intelektual, ASEAN Day, dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement