Senin 13 Mar 2017 15:27 WIB

PKPU akan Berangkatkan Tim Kemanusiaan ke Afrika

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ilham
Ilustrasi kekeringan di Afrika
Foto: EPA/Dai Kurokawa
Ilustrasi kekeringan di Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Krisis kelaparan semakin menjadi di Afrika, terutama menimpa pengungsi Somalia. Bergerak cepat, sejumlah lembaga di Tanah Air berencana mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Direktur Pendayagunaan (Program) Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU), Tomy Hendrajati mengungkapkan, PKPU menargetkan pemberangkatan tim ke Afrika pada pekan ini. Kedatangan tim PKPU akan memberikan bantuan kemanusiaan, terutama di Somalia.

"Target kami rencananya pekan ini mau berangkat berikan bantuan kemanusiaan," kata Tomy kepada Republika.co.id, Senin (13/3).

Ia menjelaskan, PKPU sendiri sudah dua pekan lalu secara intensif melakukan koordinasi dengan mitra lokal di Somalia, yaitu Zam Zam Foundation. Sebab, keduanya sudah sejak 2010 berkoordinasi untuk dapat memberikan bantuan.

Bahkan, pada fase awal krisis kelaparan 2010 lalu, PKPU sudah bisa mendistribusikan sejumlah bantuan kemanusiaan. Selain makanan, PKPU memberikan pompa air dan membangunkan sumur, mengingat terjadi pula krisis kekeringan air.

"Biasanya kita tidak membawa bantuan, tapi melakukan pengadaan di sana," ujar Tomy.

Saat ini, bantuan logisti berupa makanan dirasa yang paling mendesak, terutama di daerah krisis terparah, Hargeisa yang langsung berbatasan dengan Djibouti. Belakangan ini kekeringan kembali terjadi di daerah tersebut, sehingga krisis yang terjadi tidak cuma makanan.

PKPU rencananya akan mengirimkan tim berjumlah dua orang yang merupakan tim advance. "Sekarang kekeringan, jadi tidak ada air tidak ada makanan, semakin ekstrem krisisnya," kata Tomy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement