Sabtu 11 Mar 2017 16:30 WIB

Anies Janji tak akan Gusur Warga Tanah Merah

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ilham
Anies Baswedan
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI, Anies Baswedan berjanji akan menata kawasan permukiman di RW 02 Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, jika nanti terpilih menjadi pemimpin Ibu Kota pada Pilkada 2017. Janji itu disampaikannya saat mengunjungi warga setempat, Sabtu (11/3).

Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan, penataan RW 02 Tanah Merah bisa dilakukan tanpa harus menggusur masyarakat yang menghuni kawasan tersebut. “Saya sudah datang ke rusun (rumah susun tempat para korban penggusuran di Jakarta direlokasi). Kasihan sekali mereka, mau melaut saja susah. Ongkos hidup mahal. Mereka tidak bahagia. Insya Allah, kami mampu melakukan penataan di sini (Tanah Merah),” ujarnya.

Menurut Anies, penataan kota itu bukan sekadar mempercantik penampilan fisik suatu kawasan, tetapi juga bicara soal kemampuan seorang pemimpin membahagiakan rakyat yang dipimpinnya. Untuk itu, dia berjanji akan membantu masyarakat Tanah Merah menyelesaikan masalah sertifikat tanah mereka, jika terpilih menjadi gubernur DKI.

Tak hanya itu, Anies juga merasa optimistis program DP rumah nol persen yang ditawarkan pasangan Anies-Sandi dapat mempermudah warga di kawasan itu untuk memiliki hunian. “Mengapa sepeda motor dan mobil tanpa DP boleh, sedangkan rumah tanpa DP yang ingin kami hadirkan malah dilarang? Kalau kebijakan kami memang berpihak kepada rakyat, mengapa harus dipermasalahkan?” kata mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement