Rabu 08 Mar 2017 20:15 WIB

Ini Kata Ketua KPUD Soal Rilis Hasil Survei Pilgub DKI

Rep: Dian Fath Risalah / Red: Ilham
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno
Foto: Republika/Prayogi
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu lembaga survei, Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny Januar Ali (LSI Denny JA) sudah mempublikasikan hasil riset mereka terkait elektabilitas dua pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Survei digelar sebelum kampanye Pilgub DKI putaran II, yakni pada 27 Februari sampai 3 Maret 2017. 

Hasil survei menunjukkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul atas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dalam hal elektabilitas. Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno tak mempermasalahkan banyaknya lembaga survei yang sudah mulai merilis survei Pilkada di putaran kedua. 

"Boleh saja, tidak apa-apa ada survei begitu. Kalau ada masyarakat keberatan bisa lapor ke KPUD untuk bisa pertanyakan datanya," ujar Sumarno kepada Republika.co.id,  Rabu (8/3). 

Menurut Sumarno, survei tidak diatur oleh peraturan KPU, sehingga KPUD DKI mengimbau agar setiap lembaga survei memberikan hasil survei yang bisa dipertanggungjawabkan. "Imbauannya, tentu karena survei untuk pendidikan politik masyarakat. Jadi, yang dirilis hasil yang sebenarnya dengan metodelogi dapat dipertanggungjawabkan dan tentunya harus obyektif," kata Sumarno. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement