Jumat 03 Mar 2017 22:14 WIB

Brimob Polda Jatim Dikerahkan Bersihkan Material Longsor Aceh

 Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Puluhan aparat Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimob Polda Jawa Timur dikerahkan membantu penanganan tanah longsor yang menutupi badan jalan lintas Meulaboh Aceh Barat - Pidie, Provinsi Aceh.

Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho, melalui Kabag Ops Kompol Budi Darma, di Meulaboh, Jumat (3/3), mengatakan, meski telah dilakukan upaya penangganan namun timbunan longsor itu tidak bIsa dibersihkan secara sempurna kecuali harus menggunakan alat berat.

"KAMI melakukan pembersihan menyingkirkan longsoran tanah dan pohon tumbang agar dapat segera digunakan masyarakat. Tim terdiri dari personel Polres Aceh Barat dan BKO Brimob Polda Jawa Timur yang masih berada di Aceh,"katanya.

Dalam keterangan pers kepada Antara disampaikan, kerja bakti aparat Kepolisian itu dipimpin oleh Kabag Ops Bud Darma, pada Kamis (2/3) siang, mereka memindahkan kayu-kayu jatuh ke badan jalan dan menyingkirkannya, kemudian tanah longsor dari jatuhan tebing gunung juga dibersihkan dengan peralatan seadanya, seperti skop dan cangkul.

Ia mengatakan pihaknya melakukan penanganan longsor di jalur tersebut sebelum alat berat sampai, agar masyarakat yang inggin menuju Geumpang, Kabupaten Pidie, Aceh maupun sebaliknya sehingga masyarakat sudah dapat melewati jalur tersebut meskipun secara darurat.

"Walaupun dengan alat seadanya kita berusaha membersihkan badan jalan supaya sepeda motor mayarakat bisa melewati jalur ini,"sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, untuk menuju Geumpang, Pidie, lintas jalan tersebut hanya bisa dilalui roda dua, itu pun harus dibantu oleh aparat kepolisian setempat. sedangkan untuk kendaraan roda empat belum bisa meliNtas karena terdapat sekitar tujuh titik lokasi longsor lainnya di sepanjang JALUR tersebut.

Beberapa saat setelah itu, alat berat Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat juga dikerahkan ke lokasi, sebelumnya penanganan longsor sepanjang 500 meter di Desa Tungkop, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat itu juga telah dibantu pembersihan oleh 18 orang anggota Koramil setempat.

Akibat intensitas curah hujan tinggi melanda Aceh, longsor terjadi di kawasan kilometer 82 dan 84 Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, lintasan tersebut lumpuh total karena material longsor menimbun badan jalan dan belum bisa dibersihkan secara sempurna.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement