Jumat 03 Mar 2017 19:04 WIB

Pakar Politik: PAN, PKB dan PPP akan Cenderung ke Anies

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Teguh Firmansyah
Pengamat Politik Siti Zuhro.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pengamat Politik Siti Zuhro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar politik LIPI Siti Zuhro mengatakan, tiga partai Islam eks pendukung pasangan Agus-Sylvi cenderung akan merapat ke pasangan nomor tiga Anies-Sandi. Alasannya, bila ketiga parpol tersebut mau bergabung dan mendukung pejawat, mestinya itu dilakukan sejak awal.

Tapi buktinya, kata dia, ketiga parpol tersebut justru mengusung calon lain. "Kalau pilkada putaran pertama dijadikan landasan, maka PPP, PKB, PAN akan mengarahkan dukungannya ke pasangan Anies-Sandi," kata Zuhro, saat dihubungi, Jumat (3/3).

Masalahnya sekarang, kata Zuhro, apakah ketiga partai tersebut masih konsisten dengan keputusan awalnya. Apakah opsi-opsi baru akan muncul mengingat politik Indonesia sangat cair dan dinamis.

''Apalagi bila ikatan koalisi didasarkan atas kepentingan jangka pendek, tak tertutup kemungkinan nuansa politik transaksional akan lebih menonjol,'' ujar dia.

Ia mengatakan, parpol saat ini cenderung wait and see sebelum menentukan bergabung dan mendukung calon. Pertimbangan politik lain adalah persentase kemungkinan menang paslon yang lolos putaran kedua. ''Parpol juga berhitung dampak-dampak strategis elektabilitasnya nanti dalam pemilu 2019," ujar dia.

Baca juga,  Penulis Berita Viral yang Sudutkan Anies Baswedan Minta Maaf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement