Jumat 03 Mar 2017 16:09 WIB
Pilkada DKI

Ziarah ke Masjid Luar Batang, Anies: Ini Harus Kita Jaga

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
Anies Baswedan
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi dua masjid bersejarah, Masjid Kramat Kampung Bandan dan Masjid Luar Batang, Jumat (3/3). Anies juga menyempatkan berziarah ke makam habib yang ada di masing-masing masjid tersebut.

Anies mengawali kunjungannya dengan shalat Jumat di Masjid Kramat Kampung Bandan. Mantan mendikbud itu disambut jamaah yang sudah hadir di sana. Anies tampak akrab dengan warga.

Usai salat, dia lantas menziarahi makam Habib Ali bin Abdurahman Asatiri yang terletak di dalam masjid. Bersama para pengurus masjid, Anies terlihat khusyuk berdoa di depan makam.

Mantan rektor Universitas Paramadina ini lantas bergeser ke arah Pluit, Jakarta Utara untuk mengunjungi Masjid Luar Batang sekaligus berziarah di makam Habib Husein bin Abu Bakar Alidrus. Warga menyambut dengan gembira kedatangan cagub nomor urut tiga tersebut.

Dalam kunjungannya ke masjid-masjid tua dan makam keramat ini, Anies menyampaikan bahwa Jakarta merupakan kota yang memiliki sejarah panjang. "Jakarta bukan dibangun beberapa tahun lalu, tetapi sudah ratusan tahun yang lalu sehingga tempat seperti masjid bersejarah inilah yang harus kita jaga," ujar dia.

Anies menambahkan, bukan hanya bangunan fisik yang dijaga, melainkan juga tradisi Islam yang dianut warga Jakarta. Sebab, hal itu adalah bagian dari sejarah Ibu Kota. Anies menilai, tradisi itu terjaga baik sampai saat ini.

"Kami ucapkan terima kasih kepada warga Jakarta dan kami berkomitmen meneruskan, menjaga dan merawat tradisi Jakarta," kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement