Selasa 21 Feb 2017 10:31 WIB

"Green Pesantren" Tanam Ribuan Pohon di Kawasan Hutan Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Penanaman pohon
Foto: blogspot.com
Penanaman pohon

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 6.000 batang pohon ditanam di kawasan Desa Pasirdatar Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Pohon tersebut diharapkan bisa kembali menghijaukan areal yang sebelumnya merupakan lahan terbuka.

"Ribuan pohon yang ditanam ini merupakan bantuan dari pihak swasta," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi Abdul Kodir kepada wartawan Selasa (21/2).

Penanaman pohon tersebut dilakukan pada Senin (20/2). Menurut Kodir, penanaman ribuan pohon ini bertajuk ‘Green Pesantren’. Dalam artian penanaman tersebut dilakukan dengan melibatkan kalangan pesantren dan dibantu pihak swasta yang peduli masalah lingkungan.

Kodir mengungkapkan, penanaman pohon ini sangat membantu gerakan penghijauan yang dilakukan Pemkab Sukabumi. Terutama, dalam menekan jumlah lahan kritis di wilayah Sukabumi.

Dari 6.000 batang pohon tersebut tidak semuanya pohon kayu. Melainkan ada sebanyak 1.000 batang pohon buah-buahan yang ditanam di sekitar permukiman warga.

Gerakan penanaman pohon ini melibatkan para pelajar atau santri di sekolah. Mereka sengaja dilibatkan untuk mengenalkan sejak dini kecintaan terhadap lingkungan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yusuf Maulana menambahkan, kalangan dewan mendukung adanya gerakan penanaman pohon yang melibatkan kalangan pesantren.

"Semoga ke depan, kegiatan ini akan terus dilanjutkan untuk terwujudnya gerakan penghijauan," cetus dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement