Jumat 17 Feb 2017 17:33 WIB
Pilkada DKI

Anies: Lokasi Banjir Berbeda, Solusinya Juga Berbeda

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Warga mendorong sepeda motor melintasi banjir akibat air luapan Sungai Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta, Kamis (16/2).
Foto: Republika/Prayogi
Warga mendorong sepeda motor melintasi banjir akibat air luapan Sungai Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta, Kamis (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maku dirinya sudah menyiapkan solusi untuk mengatasi banjir di Jakarta. Menurut mantan Mendikbud itu, solusi yang nantinya akan diterapkan di setiap lokasi genangan banjir Jakarta akan berbeda.

"Tiap lokasi genangan banjir beda-beda, sehingga solusinya pun berbeda," ungkap Anies di Masjid Al Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/2).

Dalam upayanya mengatasi banjir, Anies akan mengedepankan pendekatan ilmiah berbasis konservasi yang ramah lingkungan. Solusi itu diantaranya adalah menambah jumlah situ untuk menampung air.

"Bisa juga dengan menambah vertical drainage dengan menambah sumur-sumur resapan. Kita akan lihat dulu mana solusi yang tepat untuk banjir di daerah tersebut," ucap Anies.

Menanggapi banjir Bukit Duri yang merupakan banjir kiriman dari hulu, Anies mengaku sudah pernah mengingatkan gubernur pejawat dalam sebuah debat di televisi swasta, terkait masih banyak masalah banjir yang harus dibereskan di daerah hulu. Terutama untuk memperbanyak resapan, mengingat sudah banyaknya yang beralih fungsi menjadi pemukiman warga.

"Saat itu Pak Basuki menyampaikan banjir hulu tidak masalah lagi, padahal saya sampaikan kita harus bereskan wilayah hulu karena sudah banyak beralih fungsi menjadi perkebunan teh dan pemukiman," terang Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement