Rabu 01 Feb 2017 23:02 WIB

Jumlah Penumpang Pesawat ke Lombok Naik di Akhir Tahun

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Winda Destiana Putri
Bandara Internasional Lombok
Foto: Maman Sudiaman/Republika
Bandara Internasional Lombok

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Tingkat kunjungan wisatawan di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Pulau Lombok terus bertumbuh secara signifikan. Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, jumlah kedatangan di Bandara Internasional Lombok pada akhir tahun lalu meningkat dibanding bulan sebelumnya.

Kepala BPS NTB Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, jumlah penumpang yang datang melalui penerbangan domestik pada Desember 2016 tercatat sebanyak 180.040 orang, atau naik 22,05 persen dari November 2016. "Sedangkan jumlah penumpang yang datang melalui penerbangan internasional sebanyak 12.337 orang, mengalami peningkatan 16,71 persen dibandingkan November 2016," katanya di Mataram, NTB, Rabu (1/2).

Peningkatan kedatangan orang di salah satu pintu masuk utama di Pulau Lombok itu, menunjukan adanya kenaikan dalam sektor pariwisata Lombok yang menjadi pilihan wisatawan untuk merayakan malam pergantian tahun. Destinasi wisata seperti Gili Trawangan, Pantai Kuta, hingga Pantai Senggigi masih menjadi tujuan utama dalam merayakan tahun baru di Pulau Seribu Masjid tersebut. Selain kedatangan, Endang menyebutkan, jumlah penumpang yang berangkat baik melalui penerbangan domestik maupun penerbangan internasional juga meningkat.

Untuk keberangkatan domestik, ia katakan, tercatat sebanyak 157.123 orang pada Desember 2016, naik 11,68 persen dari November 2016. "Demikian halnya dengan jumlah penumpang berangkat melalui penerbangan internasional naik 15,21 persen dibandingkan November 2016," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement