Senin 23 Jan 2017 06:51 WIB

’Pemenang Pilkada DKI Ditentukan Sikap Pemilih Muslim’

 Baliho tiga pasang calon Pilkada DKI Jakarta terpasang di kawasan Tugu Tani, Jakarta, Ahad (20\11).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Baliho tiga pasang calon Pilkada DKI Jakarta terpasang di kawasan Tugu Tani, Jakarta, Ahad (20\11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perebutan suara pemilih Muslim dalam Pilkada DKI Jakarta menjadi kajian menarik. erkait hal itu, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang ‘digawangi’ Denny JA segera merilis hasil survei mengenai sikap pemilih Muslim di Pilkada DKI Jakarta.

‘’Besok kami akan rilis soal suvei tersebut. Yang pastii siapapun yang ingin menang dalam pilkada Jakarta, harus juga menang di hati dan pikiran pemilih Muslim. Jumlah mereka 85 persen dari total populasi pemilih,’’ kata Denny JA, kepada Republika.co.id, Senin (23/1).

Dalam survei itu maka nanti akan diketahui  mengenai profile sosiologis pemilih Muslim itu. Profile Muslim bagaimana yang lebih banyak pro Agus, atau Pro Ahok, atau Pro Anies? Juga apakah berbeda pilihan Muslim yg dari kalangan bawah, kelas menengah, pendidikan menengah bawah, pendidikan tinggi?

Dalam survei itu akan dicoba dijawab mengenai pertanyaan, apakah berbeda pilihan Muslim yang dari NU, Muhammadiyah dan organ lainnya? Juga apakah benar Agus menang di segmem Muslim mana? Ahok di segmen Muslim mana? Anies di segmen Muslim mana?

‘’Juga akan dicoba dijawab mengenai perbedaan pilihan Muslim yang punya persepsi Ahok menista agama versus persepsi Ahok tidak menista Agama. Juga bagaimana pula pemilih dari aneka suku: Betawi, Jawa, Sunda, Tionghoa, Indonesia Timur.  Dan kami juga akan merilis soal pemiliha pemilih laki-laki dan perempuan. Pokoknya hasl surveinya menarik,’’ ujar Denny JA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement