Sabtu 14 Jan 2017 22:44 WIB

Sungai Ciwulan Berpotensi Menjadi Lokasi Wisata Arung Jeram

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Arung jeram (Ilustrasi)
Foto: Antara
Arung jeram (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Calon Wali Kota Tasikmalaya nomor urut 1 Dicky Candra berjanji akan mengembangkan potensi wisata arung jeram Sungai Ciwulan, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Ia melihat potensi wisata tersebut hingga saat ini belum tergali dengan maksimal.

Ada sejumlah kendala yang membuat Sungai Ciwulan belum laik untuk dijadikan objek wisata. Limbah kimia dan sampah rumah tangga masih mencemari Sungai Ciwulan. "Ini potensi yang orang Tasikmalaya sendiri sepertinya tidak tahu, sementara pemerintah seperti setengah-setengah dalam upaya pengembangannya," kata Dicky. 

Sejauh ini, Dicky memantau sudah banyak penggerak komunitas yang beraktivitas di Sungai Ciwulan. Akan tetapi, mereka belum mendapatkan dukungan yang serius. "Siapapun yang terpilih, saya minta untuk mengembangkan wisata Sungai Ciwulan," kata Dicky yang berarung jeram bersama istrinya di Sungai Ciwulan.  

Di sisi lain, anggota Komisi 2 DPRD Kota Tasikmalaya Ichwan Shafa yang ikut berarung jeram mengaku baru mengetahui arung jeram di Sungai Ciwulan. Menurutnya, potensi wisata harus dikaji dan ditindaklanjuti dinas dan intansi terkait.  "Sumber daya alam ini harus dimanfaatkan potensi wisatanya secara maksimal karena saya lihat sangat aman bagi keluarga untuk hiburan melepas penat. Tapi memang sampahnya, infrastruktur penunjang, dan lainnya harus dibenahi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement