Sabtu 07 Jan 2017 18:08 WIB

Gempa NTB tak Berpotensi Tsunami, Masyarakat Diminta Tenang

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Sebagian besar wilayah NTB dan NTT diguncang gempa bumi tektonik pada Sabtu (7/1).

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Waingapu Arief Tyastama mengatakan, analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 16:11:59 WIB dengan kekuatan M=5,7 (selanjutnya diupdate menjadi berkekuatan M=5,5). Episenter terletak pada 9,54 LS dan 120,12 BT, tepatnya di darat pada jarak 47 km arah Tenggara Kabupaten Sumba Tengah pada kedalaman 82 km.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukan, gempa bumi (skala intensitas II SIG BMKG yang setara dengan III-IV MMI) di daerah yang berdekatan dengan pusat gempabumi, yaitu Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

"Selain itu gempabumi ini juga dirasakan luas di wilayah lain dengan intensitas lebih kecil antara II SIG BMKG atau II-III MMI di Bima dan I SIG BMKG atau II MMI di Sumbawa," katanya, Sabtu (7/1).

Dia melanjutkan, gempa bumi ini merupakan gempa bumi berkedalaman menengah yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju 67 mm/tahun, dan memicu deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia di Zona Benioff pada kedalaman 82 km di bawah Pulau Sumba.

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG, ia katakan, akan terus melalukan monitoring perkembangan aktivitas gempa bumi susulan dan hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat.

"Untuk itu kepada masyarakat pesisir di NTB dan NTT diimbau agar tetap tenang," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement