Ahad 01 Jan 2017 20:02 WIB

Waka Komisi IX DPR Apresiasi Pemerintah Daerah Awasi TKA Ilegal

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Bilal Ramadhan
Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saleh Partaonan Daulay, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI,mengapresiasi pemerintah daerah yang turut aktif mengawasi Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal. Saleh mengatakan fenomena TKA ilegal memang sesuatu yang benar adanya.

Sejauh ini, Saleh menilai pemerintah masih mampu untuk menangananinya. Yang penting, katanya, pengawasan dan sidak harus dilakukan secara terus menerus. Selain itu, lanjut Saleh, tindakan tegas harus diterapkan.

"Bagus dong jika banyak daerah yang sudah ikut mengawasi pergerakan orang asing di Indonesia. Artinya, pemerintah pusat tinggal mengkoordinasikan langkah-langkah pengawasan. Pemerintah daerah dan masyarakat memang harus dilibatkan," kata Saleh, Ahad (1/1).

Meskipun, kata Saleh, pemerintah dan masyarakat mengawasi TKA ilegal, namun tidak perlu panik. Yang diperlukan, kata Saleh, ialah membangun sinergi dan harmoni dengan berbagai pihak untuk menanganinya.

"Saya belum melihat ada kepanikan. Paling-paling, ada pihak-pihak yang tidak menduga kalau TKS ilegal itu menang," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement