Rabu 28 Dec 2016 14:45 WIB

Emil Pastikan Flyover Antapani Diresmikan Sabtu Ini

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nidia Zuraya
Uji Coba Open Traffic Fly Over Antapani Sejumlah petugas mengatur arus lalu lintas saat dilakukan uji coba Jalan Layang Antapani, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (28/12).
Foto: Mahmud Muhyidin
Uji Coba Open Traffic Fly Over Antapani Sejumlah petugas mengatur arus lalu lintas saat dilakukan uji coba Jalan Layang Antapani, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan tes pola lalu lintas di jalan layang (flyover) Antapani. Nantinya, jembatan layang yang dibangun sejak Juni 2016 ini akan dibuka secara permanen pada Sabtu (31/12). 

"Dibuka Sabtu, sekalian tahun baru," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Rabu (28/12).

Emil mengatakan, pembukaan jalan layang ini pun diharapkan mampu semakin memeriahkan malam pergantian tahun di ibu kota Provinsi Jawa Barat ini. "Kan tahun baru, ada flyover baru," katanya. 

Menurut Direktur Pengawasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Najib Faiza, berdasarkan intruksi dari Menteri PUPR, flyover akan diresmikan sebelum tahun baru.  

"Ya diinstruksikan dari Menteri sebelum tahun baru sudah dibuka total. Ya, peresmian sederhana sebelum tahun baru," katanya. 

Menurut Najib, dari hasil pra ujicoba bisa diketahui, secara keseluruhan di Google map ada perubahan signifikan kendaraan dari arah Antapani yang cukup lancar. Namun, memang karena masih ada yang belum beres maka terjadi penumpukkan kendaraan di daerah Jalan Jakarta.

"Ini terjadi, karena orang gak bisa muter ke kanan jadi macet dari arah Kiaraconcong-Jalan Jakarta tapi kalau ini udah dibuka insya allah lancar," katanya.‬

‪Najib mengatakan, ujicoba ini dilakukan untuk melihat ‪perilaku pengemudi. Karena, walaupun berdasarkan model matematis lalu lintas semuanya lancar tetap harus melihat riilnya karena ada faktor pengemudi.

"Orang kan orang kadang ada pelanggaran dan gak sabaran jadi dengan pra ujicoba ini kami lebih tahu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement