Selasa 27 Dec 2016 16:32 WIB

Emil Optimistis Bandung Terbebas dari Teroris

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang perayaan tahun baru 2017, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) optimistis wilayahnya terbebas dari aktivitas teroris. Meskipun, baru-baru ini terdeteksi pergerakan kelompok teroris di Kabupaten Bandung dan Purwakarta, tapi hal tersebut tidak akan terulang kembali di ibu kota Provinsi Jawa Barat ini.

Bahkan, Emil pun mengapresiasi kinerja kepolisian karena berhasil mengantisipasi serangan teroris di Tanah Air. Selain melakukan pengamanan berlapis, saat ini, kepolisian pun dinilai semakin profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Saya mempercayakan sistem antiterorisnya Indonesia. Ini lumayan canggih," ujar Emil di Balai Kota Bandung, Selasa (27/12). Ia memuji upaya kepolisian yang berhasil mencegah teror bom di sejumlah daerah, belum lama ini. Padahal, di delapan negara lainnya bom dari peneror ini berhasil diledakan.

"Tapi di Indonesia kan langsung bisa ketangkap," katanya. Namun, Emil meminta, seluruh warga Bandung agar tetap waspada dan lebih memperhatikan kondisi sekitar. Sebagai aparatur terdekat dengan masyarakat, RT dan RW diminta lebih aktif dalam menyadarkan warga akan pentingnya memperhatikan kondisi sekitar.

 

Bahkan, akan lebih baik jika mereka mengetahui setiap orang baru yang tinggal di lingkungannya. "Terutama di tempat-tempat yang memang dicurigai. Kan yang di Purwakarta itu juga sembunyinya di rumah air," kata Emil seraya mengingatkan warga agar aktif melapor jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement