Rabu 14 Dec 2016 14:46 WIB

Manajemen Bencana Indonesia Diklaim Terbaik di Dunia

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Winda Destiana Putri
Siti Nurbaya
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Siti Nurbaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyampaikan manajemen bencana di Indonesia merupakan yang terbaik di dunia. Contohnya saja manajemen bencana saat menangani gempa bumi Aceh.

"Tadi kita juga membicarakan hal-hal yang bagus kita dengar, karena dari UNEP banyak pengakuan yang keluar, bahwa disaster management kita, misalnya ketika Aceh dan seterusnya sampai kemarin, itu dinilai baik, bahkan paling baik di dunia," kata Siti saat mendampingi Erik Solheim, Direktur Eksekutif Program Lingkungan PBB (UNEP) menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (14/12).

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini UNEP juga menyampaikan akan mendukung langkah-langkah Indonesia menangani kebakaran hutan serta mendukung upaya manajemen lahan, serta metode baru terkait sistem informasi. Menurut Siti, pertemuan Erik dengan Wapres JK membahas terkait masalah lingkungan, iklim, restorasi lahan, serta Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF).

Ia mengatakan, pembahasan TLFF merupakan masalah yang penting sebab terkait dukungan internasional dalam mengelola dan memperbaiki lahan yang rusak. "Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF) menjadi bagian yang penting karena menurut Erik, international support itu paling efektif kalau dikaitkan dengan private activities jadi private companies. Apalagi memang kalau kita lihat perizinan di kawasan hutan itu swasta kita sudah mengcover hampir 34 juta hektare, termasuk di gambut kira-kira 9 juta," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement