Senin 12 Dec 2016 13:32 WIB

Polisi Ledakkan Bom Hasil Penggeledahan Terduga Teroris Ngawi

Red: Nur Aini
Ilustrasi Bom - Teroris
Foto: Republika On Line/Mardiah diah
Ilustrasi Bom - Teroris

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jatim memusnahkan bahan bom berdaya ledak tinggi hasil penggeledahan dari rumah terduga teroris Khafid Fathoni (22 tahun) di Dusun Gebang, Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Ngawi, yang merupakan pengembangan dari teroris Bekasi. Pemusnahan dilakukan di Markas Komando Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jatim di Jalan Setia Budi Kota Madiun, Senin, dengan cara diledakkan.

"Untuk peledakan kita melibatkan tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jatim. Adapun, yang diledakkan adalah bahan bom yang sudah siap menjadi bom high eksplosive atau berdaya ledak tinggi," ujar Kepala Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jatim Ajun Komisaris Besar Ary Nyoto Setiawan di Madiun kepada wartawan.

Menurut dia, bahan bom yang diledakkan tersebut seberat 1,3 kilogram berjenis triaceton triperoxide (TATP) yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa diperoleh dengan mudah di pasaran, tetapi sangat sentitif, di antaranya terbuat dari pupuk Urea. "Karena sentitif terhadap gesekan, suhu panas, dan tidak stabil, maka TATP tersebut tidak dibawa ke Jakarta. Diputuskan untuk diledakkan di Madiun setelah dilakukan identifikasi dengan sangat hati-hati," kata dia.

Jika oleh si perakit bahan bom tersebut telah diberi chasing dan campuran isi seperti paku, gotri, dan lainnya, maka bom jenis TATP tersebut memiliki efek daya ledak yang tinggi, hingga radius 300 meter di sekitarnya. Ia menjelaskan, selain menemukan bahan siap menjadi bom, saat penggeledahan di rumah terduga teroris Khafid Fathoni di Walikukun, Ngawi, kemarin, polisi juga menemukan bahan-bahan kimia lainnya yang merupakan bahan untuk membuat bom.

Ary merinci, terdapat 24 item barang yang disita polisi di antaranya adalah pupuk jenis Urea, asam nitrat, dan gula pasir. "Barang-barang tersebut ditemukan terpencar di berbagai ruangan rumah orang tua terduga teroris Khafid. Ada yang di kamar tidur, di dapur, dan lainnya," kata dia.

Sementara, Kanit Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jatim, Inspektur Tingkat Satu Girindra Wardana mengatakan, bahan bom sitaan dari Ngawi yang ia ledakkan tersebut memiliki karakter yang sama dengan hasil sitaan bom di Surayaba dan Mojokerto. "Hasil identifikasi kami, bahan bom di Ngawi ini ada kemiripan karakter dengan bahan bom dan bom yang kami tangani di Surabaya dan Mojokerto. Bahkan yang Surabaya itu sudah berbentuk bom yang siap ledak," kata Girinda.

Selama 2016, tim Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jatim telah memusnahkan tiga bahan bom di Mojokerto, Surabaya, dan Ngawi. Bahan bom dan bom hasil rakitan tersebut diduga memiliki keterkaitan dengan teroris di Bekasi.

Baca juga: Densus Geledah Kamar Kos Terduga Teroris di Sukoharjo

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement