Jumat 09 Dec 2016 17:15 WIB

RZ Turunkan Ambulans dan Spesialis Tulang ke Aceh

Relawan RZ salurkan bantuan ambulans ke Aceh.
Foto: Dok RZ
Relawan RZ salurkan bantuan ambulans ke Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rumah Zakat (RZ) menurunkan tiga unit ambulans beserta peralatan medis untuk korban gempa di Pidie Jaya, Aceh, pekan ini.  Tidak hanya itu, RZ juga menurunkan bantuan spesialis tulang untuk membantu korban yang mengalami keretakan atau patah tulang.

“Untuk warga yang mengalami keluhan rasa sakit ataupun luka ringan kami lakukan pemeriksaan dan pengobatan di sini,’’ ujar Fakhrur Razi, Koordinator Relawan RZ Aceh, Jumat (9/12). Sementara untuk warga yang mengalami luka cukup berat, papar dia, akan diantarkan ke rumah sakit. 

Berdasarkan data BNPB Aceh, hingga pukul 05.30 WIB pagi tadi, jumlah korban meninggal yang ditemukan mencapai 102 jiwa. Korban terbanyak ditemukan di Kabupaten Pidie Jaya yaitu sebanyak 98 jiwa dan sisanya di Kabupaten Bireun dan Kabupaten Pidie. Sementara untuk korban yang mengalami luka ringan dan berat tercatat 666 orang.

Sementara jumlah warga yang mengungsi mencapai 10.534 jiwa dan tersebar di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Lueng Putu, Mereudu, Meurah Dua, Ulim dan Trieng Gadeng. Bantuan yang saat ini paling dibutuhkan oleh pengungsi, di antaranya MCK, air bersih, makanan siap saji, selimut, makanan bayi, pampers, obat-obatan, dan peralatan dapur umum.

“Kami mendapat informasi bahwa data korban kemungkinan akan bertambah. Untuk itu, kami akan terus menurunkan relawan serta menyalurkan bantuan hingga tanggap darurat selesai sesuai instruksi komando lapangan,” tandas Razi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement