Rabu 30 Nov 2016 16:40 WIB

2 Desember, Semua Pintu Lapangan Monas Dibuka Pukul 06.00 WIB

Rep: mg01/ Red: Bilal Ramadhan
Kawasan Lapangan Monas, Jakarta.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Kawasan Lapangan Monas, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Kantor Kawasan Monumen Nasional, Sabdo Kurnianto mengatakan semua gerbang masuk Monas akan dibuka saat aksi damai 2 Desember nanti. Hal ini terkait dengan Aksi Bela Islam Jilid III yang akan digelar terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama.

"Jumat nanti ada 3 pintu yang dibuka dari pukul 06.00 WIB. Pintu Gambir, pintu Istiqlal, dan pintu MH. Thamrin," ujarnya saat ditemui di Kantor Pengelola Monas, Jakarta, Rabu (30/11).

Sabdo menambahkan sudah menyediakan tempat parkir yang berada di dekat pintu masuk, yaitu kawasan parkiran di IRTI, Gambir, dan Istiqlal. Pihak pengelola Monas akan menyediakan terpal untuk para peserta aksi 212.

"Selain (pintu masuk dan parkiran) itu, kami juga sedia terpal besar untuk hari jumat nanti," ujarnya.

Ia menegaskan pihak pengelola hanya menyediakan tempat untuk peserta aksi 212, urusan pengamanan ia mempercayakan kepada Polri dan TNI.

"Tugas kami hanya menyediakan tempat bersama instansi terkait, soal pengamanan itu dari Kepolisian dan TNI. Orang datang sholat ke rumah (Monas) saya, saya welcome. Mereka ibadah, dan berdoa semoga Monas ini jaya dan tertata rapih," tegasnya.

Sabdo mengatakan pihak pengelola sudah bekerja sama dengan pihak-pihak lain terkait aksi 212, jumat nanti. Koordinasi sudah dilakukan sejak Selasa (29/11). Instansinya ada dari Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Kebakaran, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

"Urusan kesehatan, kebersihan, dan sebagainya mereka yang mengatur. Saya tidak tahu," kata Sabdo.

Saat ditanya apa kantin Monas dibuka atau tidak, Sabdo tidak tahu menahu. "Saya enggak tahu, saya enggak ada urusan dengan pihak kantin. Lagipula pendemo nanti kan sudah bawa makanan sendiri-sendiri," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement