Ahad 27 Nov 2016 18:09 WIB

Cara Agus Yudhoyono Menumbuhkan Ekonomi Jakarta

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Agus Harimurti Yudhoyono
Foto: Republika
Agus Harimurti Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan dirinya akan memprioritaskan berbagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta. Peningkatan ekonomi tersebut akan dilakukannya melalui peningkatan investasi, belanja pemerintah dan konsumsi rumah tangga.

Cara peningkatan ekonomi Jakarta melalui investasi dan mengembangkan sektor riil akan dilakukannya melalui pembangunan iklim usaha dan peluang investasi yang lebih baik. "Sehingga, lebih banyak lagi bidang usaha dan proyek yang tersedia," kata Agus saat menyampaikan pidato politik di Nusa Indah Teater, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Ahad (27/11).

Cara kedua untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurutnya adalah dengan meningkatkan belanja pemerintah (government spending). Dalam politik anggaran dan kebijakan APBD Jakarta mendatang, Agus memastikan jumlah belanja pemerintah meningkat dan penyerapannya pun akan ditingkatkan.

"Dengan belanja pemerintah yang makin besar, pertumbuhan ekonomi Jakarta dapat kita tingkatkan," terang putra sulung SBY tersebut.

Cara ketiga yang akan ditempuh Agus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah dengan menjaga dan meningkatkan konsumsi rumah tangga (household consumption). Menurutnya, dalam kondisi ekonomi yang tidak baik seperti sekarang ini, Agus ingin memastikan konsumsi rumah tangga terjaga secara baik.

"Itulah sebabnya, saya akan menggulirkan 3 program pro-rakyat. Dengan program ini, daya beli masyarakat terjaga. Daya beli semakin kuat akan meningkatkan permintaan barang dan jasa, yang itu juga berarti sektor riil akan semakin bergairah," ucap Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement