Jumat 11 Nov 2016 21:37 WIB

Luapan Air Waduk Saguling Mulai Genangi Jalan

Red: Nur Aini
Air menggenangi jembatan yang melintang di atas Sungai Citarum di areal Waduk Saguling, Jawa Barat, Jumat (11/11).
Foto: netizen
Air menggenangi jembatan yang melintang di atas Sungai Citarum di areal Waduk Saguling, Jawa Barat, Jumat (11/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan luapan Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat mulai menggenangi jalan provinsi di wilayah itu.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jabar Alif Nur Anhar menuturkan bahwa pada pukul 18.30 WIB dilaporkan banjir telah melanda Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. "Upaya yang sudah dilakukan adalah melakukan pemantauan Waduk Saguling untuk antisipasi luapan yang lebih banyak," katanya melalui telepon seluler, Jumat (11/11) malam.

Sebelumnya, Ahli Muda Lahan dan Lingkungan PT Indoneia Power Alimin menyampaikan debit air Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat mendekati batas tertinggi elevasi atau tinggi muka air 643,80 centimeter sehingga sesuai dengan standar operasional (OP) pada ketinggian itu akan dilakukan pembukaan pintu limpasan air.

Ia menyebutkan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Saguling telah mengeluarkan surat pemberitahuan terkait kemungkinan pembukaan pelimpasan air nomor tiga yang akan dibuka satu meter. Pembukaan perlimpasan air ke Sungai Citarum itu akan menyebabkan volume air ke sungai itu bertambah besar.

Masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran sungai atau yang beraktivitas di sungai diimbau untuk mengamankan diri bila sewaktu-waktu terjadi arus air yang deras di sungai itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement