Kamis 10 Nov 2016 15:13 WIB

Mahasiswa Padang Gelar Teatrikal di Taman Makam Pahlawan

Taman Makam Pahlawan
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Taman Makam Pahlawan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat, menggelar drama teatrikal dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara Lolong Padang.

"Kami menggelar aksi ini sebagai salah satu sarana pengingat kepada masyarakat tentang hari pahlawan, sebab banyak masyarakat yang sudah lupa dengan keberadaan hari ini," kata Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Afrizen Fernandes di Padang, Kamis.

Menurutnya aksi ini juga menjadi cara bagi mereka sebagai generasi penerus untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam rangka mempertahankan dan merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Selain itu bagi pribadi mahasiswa sendiri juga harus berpatokan kepada prinsip-prinsip para pejuang yang tidak egois dan memperhatikan kepentingan orang banyak.

"Sebagai mahasiswa kami juga harus belajar banyak dari para pahlawan yang telah berjuang untuk kepentingan bangsa, hal ini juga sudah ada dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat," katanya.

Selanjutnya melalui drama teatrikal ini diharapkan masyarakat Indonesia tidak lupa terhadap keberadaan para pahlawan, karena mereka sudah berbuat banyak untuk bangsa.

"Saat ini bisa dikatakan kita sudah menikmati kemerdekaan berkat jasa para pahlawan, sebagai penerus sudah selayaknya kita tidak melupakan jasa-jasa mereka," ujarnya.

Senada, Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNP, Melsa Maizarah mengatakan salah satu tujuan penting diadakannya kegiatan ini adalah untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat tentang hari pahlawan.

Ia menambahkan selain teatrikal, sebelumnya para mahasiswa juga membagikan selebaran-selebaran kepada masyarakat umum yang berisikan tentang peringatan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November ini.

"Kami hanya ingin seluruh masyarakat tidak begitu saja melupakan jasa para pahlawan yang telah memberikan banyak kontribusi untuk kelangsungan hidup kita saat ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement