Senin 07 Nov 2016 13:36 WIB

Timses: Suara Akar Rumput Partai Lain Dukung Anies-Sandi

Rep: c62/ Red: Bilal Ramadhan
  Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno menunjukan nomor urut saat rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Jakarta, Selasa (25/10) malam. (Republika/Prayogi)
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno menunjukan nomor urut saat rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Jakarta, Selasa (25/10) malam. (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI 2017 Anies-Sandi semakin besar. Dukungan tersebut berasal dari para relawan, tim sukses, masyarakat awam, bahkan simpatisan partai pengusung calon lain seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar.

“Memang meskipun partainya mengusung calon lain, tapi di lapangan itu akar rumput partai hatinya tetap  mendukung Anies-Sandi,” kata Wakil Koordinator Sahabat Anies-Sandi, Iqbal Farabi kepada Republika.co.id, Senin (7/11).

Iqbal mengatakan dukungan ini terlihat saat Anies-Sandi melakukan 'blusukan' ke daerah-daerah di Jakarta. Beberapa anggota akar rumput partai dengan tegas menyatakan akan mendukung penuh Anies-Sandi untuk maju memimpin DKI Jakarta meskipun pilihan mereka bertentangan dengan pilihan partainya.

“Sering kami lihat, ketika sedang mengadakan sosialisasi di kelurahan-keluarahan di Jakarta, selalu saja ada simpatisan partai yang menyatakan bahwa mereka sudah memiliki keputusan bulat untuk  mendukung Anies-Sandi di Pilkada 2017 nanti,k ujarnya.

 

Iqbal mengatakan meski, pilihan mereka berbeda dari pilihan partai yang menaungi mereka itu merupakan hal yang wajar, sebab Pilkada merupakan hak pribadi warga Jakarta. "Mereka yang ingin perubahan memilih calon pemimpin sesuai hati nurani masing-masing,” jelasnya.

Sebelumnya, lanjut Iqbal, beberapa partai politik (parpol) di jaringan akar rumput telah membentuk tim pendukung Anies-Sandi yang jumlahnya sudah ribuan anggota. Mereka bahkan menyatakan sudah siap apabila ada sanksi oleh partai.

“Kami apresiasi dan sambut baik, banyakan mereka bergabung juga tetap memakai kaos partai," katanya.

Menurut Iqbal hal ini menandakan gejolak di bawah karena partai yang langsung mengusung satu pihak tanpa mendengar aspirasi. Ada PPP, PAN, Golkar, PDIP di bawah banyak yang mendukung pasangan Anis dan Sandi berterimakasih  teman-teman partai lain yang menyatakan sikap mandiri dan tegas dalam menentukan pilihan.

"Atas dukungan ini kami semakin optimistis bahwa Anies-Sandi mampu meraih suara terbanyak warga Jakarta dalam Pilkada nanti,” katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement