Sabtu 05 Nov 2016 22:20 WIB

Anies Andalkan Sumur Resapan untuk Antisipasi Banjir

Red: Ilham
 Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengandalkan pembangunan sumur-sumur resapan untuk mengantisipasi banjir, khususnya di Jakarta Selatan. Menurut Anies, banyak tempat di Ibu Kota yang sangat minim fasilitas serapan air sehingga air hanya dialirkan ke gorong-gorong.

"Kita harus memperbanyak jumlah sumur resapan agar air tidak hanya dialirkan, tetapi bisa masuk ke dalam tanah," katanya saat mengunjungi warga di Jalan Anggur, Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11), sore.

Selain itu, pembangunan kompleks perumahan juga seringkali tidak memperhatikan aliran air di lingkungan sekitar sehingga aliran air menjadi terhambat dan membuat kampung padat penduduk menjadi banjir. Karena itu, sumur resapan dan sodetan kali dinilai efektif untuk mengurangi banjir yang menjadi masalah tahunan di Jakarta.

"Jadi di gang-gang dibangun sumur serapan yang tertutup, tetapi ada lubangnya sehingga kalau hujan air masuk. Cara seperti ini membantu mengurangi potensi genangan air berlebih terutama di tempat-tempat sempit," kata Anies.

Dalam kunjungannya di Kebayoran Baru, calon gubernur dengan nomor urut 3 itu juga mengunjungi warga Jalan Haji Naim, RT 07 RW 09, Kelurahan Cipete Utara. Perkampungan padat penduduk yang terletak di belakang pusat perbelanjaan Lippo Mall Kemang dan dihuni sekitar 300 KK itu juga terkenal rawan banjir.

"Jalan di sini sering banjir pak, coba dicarikan solusi," ujar seorang perwakilan warga.

Anies berjanji pada warga untuk menyelesaikan masalah banjir, juga menerapkan kebijakan yang prorakyat. Antara lain penyediaan bahan pokok dengan harga terjangkau, lapangan kerja, peningkatan fasilitas kesehatan, dan pendidikan.

Ia juga memastikan pemerintahannya kelak akan memegang prinsip memerangi korupsi. Sebab, selama ini banyak indikasi dana pemerintah pusat yang tidak sampai ke rakyat. "Insya Allah pada 15 Februari kita menangkan nomor urut 3," kata Anies sebelum menutup pidatonya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement