Sabtu 05 Nov 2016 08:19 WIB

Lima Aksi Demonstran 4 November yang Membuat Decak Kagum

Abdullah Gymnastiar (AA Gym) beres-berse di Istiqlal bareng Mualaf center indonesia dan Gerakan Masjid Bersih-Bersih.
Foto:
Massa dari berbagai organisasi melakukan shalat Ashar disela aksi damai di depan kantor Balaikota Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (4\11).

Puluhan ribu massa Aksi Bela Islam II menghentikan sejenak demonstrasinya setelah kumandang azan Ashar. Mereka melaksanakan shalat ashar berjamaah di lokasi demo.

Pantauan Republika.co.id di Jalan Merdeka Utara atau area Istana Presiden, orator menghentikan orasinya saat kumandang azan Ashar telah tiba. Massa aksi dengan sendirinya bergegas untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Meski mereka kesulitan untuk mendapatkan air guna keperluan wudhu', tidak mengurangi niatnya untuk melaksanakan ibadah. Air minum mereka gunakan untuk berwudhu'.

Di sela-sela shalat Ashar, sebagian massa aksi juga ada yang memanfaatkan untuk istirahat. Adapula yang terus mengumandangkan takbir.

Demonstrasi yang dilakukan puluhan ribu umat Muslim di Ibu Kota Jakarta, sempat dihentikan sejenak untuk melaksanakan shalat Ashar. Puluhan ribu pendemo segera mengambil wudhu' dan melaksanakan shalat berjamaah secara bergantian.

Di sisi lain, dua orang polisi yang bertugas menjaga keamanan di sekitar Istana Presiden menjadi ma'mum dengan salah satu massa aksi sebagai imamnya.

Pemandangan tersebut berada di Jalan Veteran ke arah Medan Merdeka Utara. Mereka kompak satu tujuan beribadah kepada Allah SWT. Pemandangan tersebut seolah tidak ada situasi yang memanas antara polisi dan massa aksi. Polisi dan massa aksi layaknya sahabat yang saling melindungi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement