Jumat 04 Nov 2016 01:18 WIB

Pilih Menginap, Demonstran Padati Masjid Istiqlal

Rep: Ali Mansur/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta unjuk rasa mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal
Foto: Amri Amrulah
Peserta unjuk rasa mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal yang menjadi titik kumpul para peserta Aksi Bela Islam II mulai dipadati umat Islam. Tidak hanya pria dewasa, anak-anak sampai kaum ibu pun turut hadir untuk ikut berunjuk rasa pada Jumat (4/11) ini. Mereka tidak hanya datang dari wilayah Jabodetabek. Massa dari luar kota pun tampak hadir di masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pada pukul 00.30 Jumat dini hari WIB warga dari luar kota sudah berdatangan dalam kelompok kecil. Salah satunya Mukhlisin (43) warga dari Pati, Jawa Tengah. Dia berangkat dari Pati pada Kamis (3/11) siang dan tiba di Istiqlal sejak pukul 23.00 WIB. “Saya berangkat tanpa paksaan dari siapapun, ongkos sendiri,” ujar pria beranak dua itu, Jakarta pada Jumat (4/11).

Mukhlisin lebih memilih untuk menginap di pelataran masjid Istiqlal, meski di Jakarta ia memiliki sanak saudara. Pria yang berprofesi sebagai pedagang pakaian itu tidak datang sendirian. Ia bersama empat kawannya. Rencananya, mereka langsung pulang ke Pati setelah unjuk rasa selesai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement