Sabtu 08 Oct 2016 12:45 WIB

Anies Baswedan: Daya Tular Pilihan Perempuan Sangat Dahsyat

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyapa warga di Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Ahad (2/10).
Foto: Republika/ Halimatus Sa'diyah
Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyapa warga di Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Ahad (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini perempuan memegang peranan besar di seluruh aspek kehidupan. Begitu pun halnya dalam konteks pesta demokrasi.

"Dukungan suara perempuan memiliki peranan besar dalam menentukan pemenang dalam Pemilihan Umum," ujarnya.

Anies mencermati ketika ibu-ibu itu menentukan pilihan, daya tularnya dahsyat ke keluarga. "Jadi, kalau ibu menentukan, semua ikut pasti," kata Anies dalam sambutannya ketika menghadiri deklarasi dukungan Perempuan Indonesia Raya (PIRA) terhadap bakal pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Kantor DPP Gerindra, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan Sabtu (8/10).

Bagi Anies, dukungan kaum perempuan terhadap dia dan Sandiaga merupakan wujud kepercayaan untuk mengubah kota Jakarta dengan pendekatan humanis, sebagaimana yang diperbuat para perempuan atau para ibu di lingkungan keluarganya.

Selain itu, adanya dukungan perempuan juga membuatnya lebih terarah untuk memfokuskan pada kebijakan-kebijakan yang ramah kepada perempuan. "Kami ingin maju kotanya, bahagia warganya, artinya kebahagiaan itu ada fasilitas yang cukup, ruang ekspresi yang ckup, termasuk diantaranya adalah misalnya tempt fasilitas umum untuk kaum ibu menyusui anaknya, lalu fasilitas kesempatan maternity life," kata Anis.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menekankan pentingnya pendekatan ketahanan keluarga dalam membangun masyarakat kota Jakarta, yakni pendidikan kepada orang tua. "Oleh karena itu,, kami ingin ada program penguatan pendidikan orang tua agar ada kesempatan menjadi orang tua yang lebih baik," kata dia.

Sabtu (8/10), salah satu sayap pergerakan partai Gerindra, PIRA mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Anies-Sandiaga sekaligus menjadi salah satu tim pemenangan Anies-Sandiaga. "Pemilih perempuan di Pilkada atau Pileg ini sangat menentukan. Jangan lupakan para perempuan saat nanti terpilih. Buatlah kebijakan yang memenuhi hak-hak perempuan," ujar Ketua Umum PIRA, Sumaryati Arjoso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement