Kamis 08 Sep 2016 19:56 WIB

Pemerintah Jamin Beasiswa Mahasiswa yang Ditahan di Turki

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Menristek Dikti Mohamad Nasir
Foto: Antara
Menristek Dikti Mohamad Nasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menjamin beasiswa pendidikan mahasiswa Indonesia yang dihentikan oleh pemerintah Turki. Pemerintah Turki menghentikan beasiswa terhadap sejumlah mahasiswa asal Indonesia karena diduga terkait dengan jaringan Fethullah Gulen.

"Tentang beasiswa yang dihentikan pemerintah Turki, nanti Indonesia akan membiayai itu. Ini harus kita bantu semua," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (8/9).

Menurut dia, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ingin agar mahasiswa Indonesia tetap memiliki semangat untuk belajar. Karena itu, pemerintah menjamin biaya pendidikan bagi para mahasiswa tersebut yang tersangkut masalah ini. Bahkan, pemerintah juga mendukung para mahasiswa tersebut jika ingin melanjutkan pendidikannya ke negara lain jika kondisi keamanan di Turki bermasalah.

"Tapi kalau memang nanti di Turki dia kondisi tidak aman, pindah ke negara Eropa lain kita persilakan, nanti pemerintah yang akan menjamin beasiswa mereka," kata Nasir.

Nasir mengatakan, sejumlah mahasiswa yang sebelumnya diduga terkait jaringan Gulen tersebut masih berada di negara Turki. Ia pun menilai, mahasiswa Indonesia tak mengikuti jaringan kelompok Gulen yang merupakan musuh politik pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Rata-rata mereka tidak ikut dan tidak tahu. Jadi mereka mendapatkan beasiswa, tidak tahu pemberi beasiswa itu musuh politiknya Erdogan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement